Gerakan yang Mengatasi Radang Sendi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Radang sendi merupakan penyakit yang biasanya dialami oleh seseorang yang telah lanjut usia. Namun, tak bisa dipugkiri jika radang sendi juga bisa dialami oleh kita yang masih muda. Radang sendi bisa semakin parah jika tidak ditangani dengan tepat. Jika keadaannya sudah parah, tentu akan menghambat aktivitas. Selain itu, juga dapat menimbulkan rasa sakit yang sangat menganggu.

Radang sendi biasanya menyerang daerah tangan, pinggang, kaki, leher, punggung, dan sendi-sendi lainnya. Radang sendi bisa disebabkan karena kurang minum air putih, zat kalsium, kurang berolahraga, dan kurang istirahat. Radang sendi juga bisa mengakibatkan Anda kesulitan untuk tidur karena rasa sakit yang menyerang.

Inilah beberapa gerakan yang bisa mengatasi radang sendi :

  • Straight-leg raise. Cara melakukan gerakan ini yaitu dengan posisi berbaring, menekuk sebelah lutut, dan membiarkan lutut satunya lurus. Angkat lutut yang lurus, pertahankan selama lima detik. Lakukan secara bergantian, gerakan ini dapat dilakukan dua kali dalam satu minggu.
  • Straihgt-leg raise. Lakukan gerakan ini dengan posisi duduk tegak. Kemudian angkat dan tegangkan satu kaki, tahan posisi kaki dalam sepuluh detik. Lalu turunkan secara perlahan-lahan. Lakukan setidaknya sepuluh kali untuk setiap kaki.
  • Latihan kekuatan otot. Letakkan handuk yang telah digulung di bawah tumit salah satu kaki, biarkan satu kakinya lagi. Pada kaki yang diluruskan, gunakan otot kaki untuk menekan lutut ke bawah, ke arah lantai. Tahan dalam waktu lima detik. Ulangi secara bergantian, dan dilakukan dalam posisi berbaring, setidaknya sekali dalam satu minggu.

Selain tiga gerakan di atas, ada pula yang harus diperhatikan untuk mentasi radang sendi pada lutut, yakni:

  • Pastikan bahwa Anda tidak menekuk lutut dalam waktu yang lama, usahakan diluruskan walaupun sedikit sakit. Jika tidur, sebaiknya letakkan bantal di bawah lutut.
  • Jika diperlukan, Anda dapat menggunakan alat penyangga ketika berjalan, untuk meringankan kerja lutut Anda.
  • Gunakanlah sepatu yang nyaman, atau sepatu olahraga. Sehingga bisa dijadikan peredam getaran terhadap lutut.

Jangan diam terlalu lama, tetap lakukan gerakan ringan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY