Hal-Hal yang Dapat Menyebabkan Urin Berbau Pesing

0
3
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Seperti yang diketahui jika air kencing atau urin adalah salah satu sarana tubuh yang berfungsi mengeluarkan kotoran. Tidak mengherankan jika akhirnya air kencing mempunyai bau yang tidak enak atau yang biasa diistilahkan bau pesing.

Hanya saja jika seseorang merasa air kencingnya berbau lebih pesing dari biasanya, maka ada sesuatu yang tidak beres di dalam tubuh. Bisa saja tubuh sedang mengalami komplikasi kesehatan yang mengakibatkan air kencing menjadi sangat pesing.

Air kencing yang mengeluarkan bau pesing, bisa diakibatkan oleh berbagai faktor. Misalnya saja karena komplikasi penyakit, pengaruh makanan tertentu, kebiasaan menahan air kencing, efek mengkonsumsi multivitamin, infeksi bakteri hingga mengalami dehidrasi.

Namun seseorang jangan panik apabila bau pesing pada air kencing yang keluar, terjadi dalam jangka waktu sebentar. Masalah baru muncul apabila bau pesing terjadi dalam kurun waktu yang lama. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa faktor yang dapat menyebabkan air kencing berbau pesing.

Urin berbau pesing akibat penyakit-penyakit

Penyakit yang diderita seseorang dapat menyebabkan urin berbau pesing. Misalnya saja salah satu penyakit yang dapat mengakibatkan bau pesing pada urin adalah diabetes. Kadar gula darah yang tinggi ternyata dapat mengakibatkan air kencing berbau pesing. Terlebih jika penderita diabetes mengkonsumsi obat-obatan secara rutin.

Urin berbau pesing akibat mengkonsumsi multivitamin secara berlebihan

Mengkonsumsi multivitamin dapat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Hanya saja apabila berlebihan dalam mengkonsumsi multivitamin, maka bisa berpengaruh pada air kencing yang berbau pesing. Alhasil seseorang disarankan untuk berkonsultasikan dengan dokter spesialis, sebelum mengkonsumsi multivitamin.

Urin berbau pesing akibat dehidrasi

Bau air kencing yang pesing juga bisa muncul ketika seseorang mengalami dehidrasi. Hal itu disebabkan karena dehidrasi dapat membuat urin menjadi lebih pekat. Guna mencegah dehidrasi setiap hari, seseorang dianjurkan untuk mengonsumsi air secukupnya.

Urin berbau pesing akibat infeksi bakteri

Saat tubuh seseorang terinfeksi jamur atau bakteri, maka kuman tersebut dapat masuk ke dalam aliran urin. Kondisi tersebut bisa juga menimbulkan peradangan. Dampaknya bau urin akan lebih menyengat dari biasanya.

Urin berbau pesing akibat kebiasaan menahan air kencing

Seseorang apabila sudah terasa untuk kencing, maka jangan ditahan dan segeralah dikeluarkan. Pasalnya kebiasaan menahan air kencing dalam kurun waktu yang lama dapat mengakibatkan terjadinya infeksi kandung kemih. Dampaknya air kencing bisa berbau lebih pesing dari biasanya.

Urin berbau pesing akibat mengkonsumsi makanan tertentu

Seseorang yang mengkonsumsi makanan tertentu khususnya yang memiliki kandungan asam amoniak, dapat menyebabkan air kencing menjadi lebih berbau. Contoh makanan yang dapat menyebabkan urin menjadi lebih pesing adalah pete, bawang-bawangan, asparagus, hingga lobak. Untuk menghindari bau pesing setelah mengkonsumsi makanan tertentu, dianjurkan untuk mengkonsumsi banyak air putih. (APY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY