Hal-hal yang harus Dihindari Oleh Penderita Radang Panggul

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Radang panggul atau Pelviks Inflamatory Disease (PID) adalah suatu kondisi adanya gangguan kesehatan yang ditandai dengan infeksi bakteri pada saluran genital di bagian atas seperti rahim, ovarium dan tuba falopi. Biasanya penyakit ini hanya dialami oleh kaum wanita, karena penyakit ini mengarah pada sistem reproduksi wanita. Penyebab dari penyakit ini adalah karena pola seksual yang tidak sehat seperti kurang menjaga lingkungan sekitar pada saat berhubungan seksual dan sering berganti-ganti pasangan, adanya riwayat radang panggul sebelumnya, pemasangan alat kontrasepsi spiral seperti IUD, dalam kasus lain bisa juga tanpa ada diagnosa sebelumnya.

Gejala yang terjadi jika wanita mengalami radang panggul dari yang mulai ringan dia merasa demam, nyeri diperut bagian bawah, keputihan yang tidak wajar dan berbau tidak sedap, menstruasi yang tidak teratur dan nyeri pada saat buang air kecil. Kasus radang panggul sebagian besar dialami  pada wanita berusia 15-24 tahun yang aktif secara seksual. Selain infertilitas, penyakit radang panggul yang tidak segera mendapatkan perawatan dapat menyebabkan nyeri panggul kronis dan kehamilan ektopik.

Lantas, Apa saja yang harus dihindari atau tidak boleh dilakukan oleh penderita radang panggul? Berikut ini penjelasannya:

Jaga pola makan

Pertama, pantangan bagi penderita radang panggul adalah tentang menjaga pola makan. Bagi anda yang sedang mendertita penyakit ini tidak perlu bersedih dan repot memilih makanan karena semua makanan tidak akan membahayakan atau memperburuk kondisi dari radang panggul. Jadi anda tidak perlu menghindari jenis makanan tertentu, tapi sebaiknya tetap mengatur pola makan secara baik dan memperhatikan kebersihan makanan tersebut.

Perhatikan Aktifitas kehidupan seksual dan jumlah pasangan

Kehidupan seksual dengan radang panggul memiliki hubungan yang sangat erat. selain infeksi primer, penyakit radang panggul bisa disebabkan oleh aktivitas seks dan kehidupan seks yang terlalu berlebihan. Sehingga akan memperbutuk kondisi anda jika tidak mengatur hubungan seksual anda.

Hindari Penggunaan alat kontrasepsi dalam rahim

Kebanyakan wanita yang menggunakan alat kontrasepsi dalam rahim memiliki tingkat risiko terkena penyakit 2-4 kali daripada wanita yang menggunakan kontrasepsi seperti kondom. Tentu saja penyakit ini sangat erat hubungannya dengan penggunaan alat kontrasepsi, seperti IUD yang rentan terhadap radang panggul,ekor kawat yang basah dan lembab dapat menjadi penopang terbentuknya bakteri.peradangan atau infeksi yang disebabkan oleh IUD yang disebabkan oleh bakteri non-gonorrhoeae. Sehingga dapat memperburuk keadaan radang panggul anda.

Untuk menghindari semakin memburuknya kondisi radang panggul Anda, sebaiknya mulai dari sekarnag hindari hal-hal yang telah disebutkan diatas. Jika radang panggul semakin terasa sakit dan tidak kunjung sembuh, segera konsultasikan dengan dokter agar segera mendapatkan penanganan yang tepat. (AGT)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY