Waspadai Penyebab dan Faktor Risiko Kanker Payudara pada Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Meskipun pria tidak memiliki payudara seperti wanita, pria memiliki sejumlah kecil jaringan payudara. Payudara dari seorang pria dewasa mirip dengan payudara seorang gadis sebelum masa pubertas. Karena masih berupa jaringan payudara, sehingga menyebabkan pria bisa mengalami kanker payudara.

Sangat jarang bagi seorang pria di bawah usia 35 tahun mengalami kanker payudara. Kemungkinan kanker payudara pria naik seiring dengan bertambahnya usia. Kebanyakan kanker payudara yang terjadi pada pria antara usia 60-70 tahun. Karena itu, kaum pria perlu pengetahuan mengenai penyebab dan faktor resiko kanker payudara agar dapat melakukan pencegahan.

Kanker payudara pada pria dapat menjadi lebih parah karena pada  stadium awal, kanker payudara pria seringkali tidak terdeteksi. Hal ini dapat diakibatkan karena kurangnya pengetahuan masyarakat bahwa kanker payudara dapat dialami oleh pria sehingga kanker payudara pada pria sering terdiagnosis terlambat. Hal ini karena pria cenderung curiga pada sesuatu yang aneh di daerah dada dan menyangkal jika itu berasal dari payudara. Juga karena jaringan payudara pria lebih kecil sehingga lebih sulit untuk dirasakan dan dideteksi lebih awal. Ini juga berarti bahwa tumor atau kanker dapat menyebar lebih cepat ke jaringan sekitarnya.

Penyebab Kanker Payudara pada Pria

Tidak jelas apa yang menyebabkan pria menderita kanker payudara. Dokter meyakini bahwa kanker payudara pada pria terjadi ketika beberapa sel jaringan payudara berkembang dengan tidak normal. Sel tersebut kemudian tumbuh lebih cepat daripada sel normal. Akumulasi sel ini membentuk tumor kanker yang dapat menyebar ke jaringan lain. Kanker dapat berkembang pada jaringan payudara kecil pada pria, tepatnya di belakang puting. Gejala awal yang sering terjadi ada kanker payudara yang dialami pria adalah terdapat benjolan keras dan tidak menimbulkan sakit pada salah satu dada. Tetapi, penyebab umum terjadinya benjolan pada payudara pria disebabkan oleh kondisi yang disebut dengan gynaecomastia.

Kanker payudara yang dimulai di saluran susu, ini merupakan kanker payudara yang paling sering terjadi pada pria. Kanker payudara yang dimulai di kelenjar produksi susu (lobules). Kanker payudara jenis ini jarang terjadi pada laki-laki. Kanker payudara yang menyebar ke puting susu. Pada beberapa kasus, kanker payudara dapat terjadi di saluran payudara dan menyebar ke puting susu.

Faktor risiko

Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker payudara pada pria antara lain:

  • Pria yang telah memasuki usia antara 60 sampai 70 tahun
  • Sering Mengkonsumsi alkohol atau minuman keras secara berlebihan
  • Terlalu sering Mengkonsumsi obat yang memacu estrogen
  • Faktor keturunan dari sejarah keluarga yang mempunyain riwayat penyakit kanker payudara

Semoga setelah membaca artikel mengenai penyebab dan faktor resiko kanker payudara pada pria, anda menjadi semakin waspada dan selalu menjaga kesehatan anda. (AGT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here