Hati-Hati Toksoplasma Berbahaya Bagi Ibu Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Toksoplasma atau toksoplasma gondii merupakan virus yang menyerang janin pada ibu hamil. Virus ini biasanya dibawa oleh hewan seperti, anjing, kucing dan babi. Walau bukan tidak mungkin juga terbawa oleh makanan dan barang yang terkena virus toksoplasma gondii. Maka dari itu, diperlukan proteksi diri yang besar terhadap kebersihan lingkungan karena toksoplasma bukanlah penyakit sembarangan.

Bagaimana Cara Penularannya?

Toksoplasma biasanya menyerang lewat telur yaitu ookista yang akhirnya terbawa pada hewan, biasanya manusia akan terjangkit toksoplasma apabila tidak sengaja menelan ookista ketika sedang bermain bersama hewan peliharaan, makan masakan belum matang sempurna serta lain hal sebagainya. Ookista ini dapat hidup pada otot manusia dan hewan selama berbulan-bulan. Selain itu toksoplasma juga dapat menyebar lewat tanah serta hidup berbulan-bulan dan menjangkit hewan atau tumbuhan lalu hidup didalamnya.

Dampak Buruk Toksoplasma

Apabila telah bersarang dalam tubuh, terutama ibu hamil. Toksoplasma dapat menyebabkan kemandulan. Maka dari itu Ibu hamil harus benar-benar menjaga kebersihan dan kesehatannya karena toksoplasma dapat membahayakan jiwa Ibu dan Janinnya. Diantaranya:

  • Keguguran pada kandungan
  • Apabila toksoplasma menyerang otak janin maka akan menyebabkan cacat pada otak
  • Toksoplasma juga menyerang berbagai macam syaraf
  • Janin dapat mengalami hydrosefalus atau penyakit kepala membesar dan berisi air

Pencegahan

Berbagai macam upaya akan dilakukan untuk mengobati ibu dari toksoplasma, padahal selain pengobatan, pencegahan juga merupakan hal yang utama. Maka dari itu, anda dapat melakukan beberapa pencegahan berikut ini dirumah:

  • Mencuci tangan dengan antiseptik sebelum dan sesudah bermain dengan hewan. Apabila menggunakan masker dan sarung tangan tentu pencegahannya akan semakin baik.
  • Menghindari makanan belum matang sempurna. Sate, sushi, sashimi merupakan beberapa daftar makanan yang harus anda jauhi selama hamil. Apabila sangat ingin memakannya, ikutilah anjuran dari dokter mengenai tingkat kematangan dan pilih restoran yang memiliki kualitas baik.
  • Salad dan lalapan memang sehat, namun, ada baiknya selama hamil dihindari dulu. Karena toksoplasma dapat menyerang sayuran melalui tanah. Apabila terpaksa makan, cuci hingga benar-benar bersih lipatan pada sayuran dan gunakan cairan pembersih khusus makanan.

Lakukan tes laboratorium pada trimester pertama saat anda positif hamil, jangan lupa juga untuk melakukan tes secara berkala dibulan-bulan berikutnya. Ikuti anjuran dokter dan jauhi pantangannya demi kesehatan anda dan si calon bayi.(NIA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY