Ini yang Terjadi pada Tubuh saat Remaja Mimpi Basah

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Remaja pria saat memasuki masa pubertas, biasanya akan mengalami mimpi basah. Meski demikian mimpi erotis tersebut tidak hanya dialami para remaja, tapi juga pria yang telah dewasa. Lantas sebenarnya apa yang terjadi pada tubuh saat mengalami mimpi basah?

Apa yang terjadi saat mimpi basah?

Mimpi basah (nocturnal emission) merupakan ejakulasi yang muncul ketika seorang pria tidur. Biasanya saat mimpi basah, pria bermimpi seolah-olah melakukan hubungan seks. Ejakulasi ketika mimpi basah dapat terjadi meski tanpa rangsangan sebelumnya.

Berapa banyak seseorang bisa mengalami mimpi basah, sangatlah beragam. Misalnya saja pria berusia 15-40 yang belum menikah, rata-rata bisa mengalami mimpi basah satu kali dalam 3-5 minggu. Di lain pihak pria berusia 19-50 tahun yang sudah menikah, rata-rata bisa mengalami mimpi basah satu kali dalam 4-8 minggu.

Salah satu faktor pemicu terjadinya mimpi basah antara lain kurangnya aktivitas seksual, khususnya bagi pria yang belum menikah. Selain itu seberapa sering pria mengalami mimpi basah, diduga juga memiliki kaitan dengan kebiasaan masturbasi. Secara umum mimpi basah akan sering dialami pria yang jarang masturbasi.

Sementara itu frekuensi mengalami mimpi basah umumnya akan semakin jarang dialami, seiring dengan bertambahnya usia. Hanya saja sebagian pria yang berumur 60-70 tahun, rupanya juga masih bisa mengalami mimpi basah dalam suatu waktu tertentu.

Mimpi basah menjadi awal masa remaja

Mimpi basah biasanya mulai dirasakan pria pada saat menjelang remaja. Ketika itu tubuh mulai menghasilkan hormon testosteron, yang kelak menghasilkan sperma. Tubuh remaja pada masa itu akan mengalami beberapa perubahan secara alamiah.

Sekitar umur 13 tahun penis  remaja pria akan mengalami perkembangan dan lebih memanjang. Selain itu testikel juga akan mengalami perkembangan. Bersamaan dengan perubahan-perubahan itu, remaja juga mengalami pertumbuhan rambut pada kemaluan yang semakin tebal.

Remaja pria juga akan mengalami perubahan pada suara dan pertumbuhan massa otot. Tinggi badan akan mengalami pertambahan sekitar 7-8 cm/tahun. Masa inilah yang umumnya menjadi awal remaja pria akan mengalami mimpi basah.

Mimpi basah tidak berbahaya bagi tubuh

Remaja pria tidak perlu khawatir ketika mengalami mimpi basah. Mimpi basah yang mengakibatkan ejakulasi, tidaklah berbahaya untuk tubuh. Mimpi basah adalah respons alami tubuh terhadap perubahan hormonal. Respon tersebut secara garis besar bisa serupa seperti yang dialami wanita, yakni keluarnya darah haid.

Mimpi basah tidak mempunyai risiko kesehatan ataupun gangguan kesuburan bagi remaja di masa mendatang. Namun sangat penting untuk menjaga kebersihan bagian kelamin remaja pria, setelah mengalami mimpi basah. Ketika sudah terbangun, maka gunakan air dan sabun untuk membersihkan tubuh.

Remaja yang baru satu kali mengalami mimpi basah, kerap memicu rasa malu atau bingung. Padahal tidak perlu merasa demikian, karena pengalaman tersebut bersifat normal dan dialami banyak orang. Oleh karena itu diperlukan bimbingan dari orang tua guna mendiskusikan perihal kondisi tersebut. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here