Manfaat Kunyit yang Telah Terbukti Secara Ilmiah

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kunyit merupakan salah satu bumbu dapur yang sangat akrab bagi masyarakat Indonesia. Selain menjadi bahan penyedap makanan, kunyit juga memiliki manfaat lain dari sudut pandang ilmiah. Lantas apa saja manfaat kunyit yang sudah terbukti secara ilmiah?

Seperti yang diketahui jika sejak zaman dahulu kunyit sudah dimanfaatkan sebagai ramuan obat. Setelah diteliti secara ilmiah, rupanya kunyit memang mempunyai kadungan zat yang bisa bermanfaat sebagai obat.

Manfaat tersebut muncul karena kunyit memiliki kandungan senyawa  yang disebut kurkumin. Hal itulah yang akhirnya menempatkan kunyit ke dalam daftar teratas sebagai tanaman obat yang paling sering dimanfaatkan produk obat herbal.

Dari sekian banyak penelitian ilmiah mengenai kurkumin, temuan yang cukup menarik menunjukan bahwa kunyit juga memiliki manfaat yang tidak kalah jika dibandingkan dengan obat-obatan farmasi. Justru banyak yang beranggapan jika menggunakan kurkumin dianggap lebih menguntungkan ketimbang obat kimia, karena efek samping yang ditimbulkan lebih minimal.

Kunyit memiliki banyak manfaat dalam pengobatan. Biasanya kunyit dimanfaatkan sebagai anti-depresan (obat penenang); obat anti-inflamasi (obat anti radang); kemoterapi (obat kanker); analagesik (obat penghilang rasa sakit); anti-koagulan (obat pengencer darah); dan  obat diabetes (metformin).

Selain itu juga bisa dimanfaatkan untuk penyakit inflamasi usus (obat radang usus); arthritis (obat radang sendi); penurun kolesterol (conrohnya lipitor); dan steroid (obat antialergi dan antiradang). Untuk lebih lengkap, berikut uraiannya.

  1. Manfaat kunyit sebagai obat anti-depresan (penenang). Berbagai percobaan penelitian di laboratorium sudah membuktikan, jika kunyit sangat cocok untuk mengatasi gejala depresi pada hewan. Hal tersebut yang akhirnya diterapkan pada obat-obatan herbal, dengan memanfaatkan kunyit sebagai obat anti-depresan.
  2. Manfaat kunyit sebagai obat anti-inflamasi. Tidak perlu diragukan lagi, jika efek kurkumin di dalam kunyit memiliki kemampuan untuk mengatasi peradangan. Hal tersebutlah yang akhirnya dimanfaatkan obat-obatan herbal sebagai obat anti-inflamasi.
  3. Manfaat kunyit sebagai obat radang sendi (arthritis). Hasil penelitian membuktikan jika kunyit mempunyai manfaat anti-inflamasi untuk mengurangi rasa sakit. Hal tersebut yang akhirnya dimanfaatkan untuk mengatasi radang sendi.
  4. Manfaat kunyit sebagai obat dalam mengatasi kanker. Dari sekian kegunaan kunyit sebagai obat penyembuh bermacam-macam jenis penyakit, terkait kanker rupanya menjadi salah satu topik yang paling diminati. Kunyit sebagai obat herbal menjadi alternatif lain bagi pasien untuk mengatasi kanker.
  5. Manfaat kunyit sebagai obat diabetes. Guna menurunkan gula darah sekaligus membalikan resistensi insulin ke dalam kondisi normal, pengobatan alami yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi kunyit. Tahun 2009 Biochemistry and Biophysical Research Communications mengeluarkan sebuah studi ilmiah tentang kunyit yang dapat mengontrol kadar gula darah bagi penderita diabetes.
  6. Manfaat kunyit sebagai obat penurun kolesterol. Akibat stres, kadar kolesterol yang yang tinggi dapat merusak arteri. Akibatnya kolesterol menumpuk di bagian lapisan pembuluh darah yang sudah rusak. Mengkonsumsi kunyit secara teratur mampu mengatasi tekanan darah sehingga kembali normal. (APY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY