Jenis-jenis Kekerasan Seksual pada Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kekerasan terhadap prempuan termasuk remaja prempuan yaitu suatu perbuatan yang berdasarkan pembedaan berbasis gender yang berakibat kesengsaraan atau penderitaan prempuan secara fisik, seksual maupun psikologis. Hal tersebut termasuk ancaman yang terjadinya perbuatan tersebut, seperti pemaksaan, perampasan kebebasan secara sewenang-wenang, baik yang terjadi diruangan publik mauoun dalam kehidupan pribadinya.

Sedangkan masa remaja adalah masa yang penuh dengan gejolak baik secara fisiologis maupun psikologis, yang tentunya memang membuat dampak terhadap perkembangan psikososial remaja tersebut. Secara teori perkembangan psikososial dari Erik Erikson, remaja seharusnya berusaha mencari identitas yang positif melalui orang-orang yang mereka kenal atau orang-orang yang ada disekelilingnya, dengan demikian  mereka akan mengambil nilai-nilai yang baik untuk mereka terapkan dalam dirinya.

Pada perubahan hormon masa remaja mengakibatkan remaja mengalami perubahan fisik secara primer dan sekunder. Seperti perubahan pada payudara bagi prempuan dan mengalami menstruasi pada laki-laki tumbuhnya jakun dan mengalami mimpi basah. Oleh karena itu pada perubahan tersebut akan muncul dorongan untuk melakukan seksual yang tentunya memerlukan kematangan diri yang optimal untuk dapat mengelolahnya, sehingga dapat disalurkan melalui berbagai kegiatan positif dan sebaliknya. Konflik yang berkaitan dengan dorongan seksual dan penyaluran yang tidak tepat, akan dapat dialami oleh setiap orang apa lagi bagi remaja yang masih dalam masa perkembangan.

Ada beberapa jenis-jenis kekerasan pada remaja yang perlu anda ketahui seperti :

  1. Pemerkosaan

Jenis serangan yang diarahkan dari bagian seksual oleh seseorang dengan menggunakan organ seksual, (penis) keorgan seksual wanita (vagina), anus atau mulut, atau degan menggunakan bagian tubuh lainnya yang bukan organ seksual.

  1. Pelecehan seksual

Tindakan seksual yang satu ini bisa melalui kontak fisik atau non fisik yang akan menyasar pada tubuh bagian seksual seseorang. Yang berupa colekan atau sentuhan tubuh.

  1. Eksploitasi seksual

Jenis ini berupa percobaab atau penyalahgunaan kekuatan untuk tujuan seksual.

  1. Penyiksaan seksual

Jenis ini merupakan salah satu perbuatan yang secara khusus akan menyerang organ dan seksualitas prempuan yang dilakukan secara sengaja maupun tidak sengaja. Yang menimbulkan rasa sakit penderitanya.

  1. Perbudakan seksual

Suatu tindakan penggunaan kekuasaan yang melekat pada hak kepemilikan terhadap seseorang atau bentuk-bentuk kekerasan seksual lainnya.

  1. Intimidasi

Atau disebut dengan serangan seksual yaitu percobaan untuk tindakan pemerkosaan

7. Prostitusi paksa

Situasi dimana prempuan dikondisikan dengan tipu daya dan suatu ancaman untuk menjadi pekerja seks.

  1. Pemaksaan aborsi

Kehamilan dalam  kandungan yang dilakukan dengan adanya tekanan atau ancaman dari pihak lainnya.

  1. Perdagangan prempuan

Suatu tindakan perekrutan, pengangkutan, penampungan, pengiriman seseorang dengan suatu ancaman kekerasan untuk dijual dan di dagangkan sebagai wanita penghibur tanpa memperoleh persetujuan individu. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here