Tips Mengatasi dan Menghadapi Anak dengan Separation Anxienty Dissorder

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Separation Anxienty dissorder suatu kecemasan seorang anak terhadap oarang tuanya karena takut berpisah, kecemasan ini umumnya memang bisa saja tetapi akan menjadi berisiko jika berlebihan. Faktanya kecemasan merupakan hal yang normal pada usia dan situasi tertentu. Misalnya pada seorang anak yang berusia 1 tahun ia akan merasa cemas bila berpisah dengan orangtuanya. Hal yang sering kali membuat orang tua, menjadi tidak tenang jika meninggalkan anaknya, kecuali jika orangtua tersebut sudah mempunyai pengasuh yang ia percaya untuk menjaga anaknya, tetapi umumnya orang tua pasti ingin merawat buah hatinya sendiri tanpa melibatkan orang lain, tetapi jika mereka harus pergi untuk beberapa waktu saja karena urusan pekerjaan, pada dasarnya orang tua ingin anaknya mandiri dan terbiasa dengan kegiatan orang tuanya tanpa melibatkannya seperti bekerja. Dalam fase ini bagi orangtua bisa saja untuk mengajarkannya mandiri sekaligus meyakinkan anak agar tetap merasa aman dan nyaman. Bagaimana mengatasi rasa takut anak ketika berpisah dengan orangtuanya  berikut kita ulas seperti :

  1. Anda dapat memberikan pengertian terhadap anak bahwa orang tuanya harus pergi untuk bekerja misalnya, dan menjelasan kapan ayah dan ibunya itu akan kembali, usahakan anda dapat menepati janji anda untuk kembali pulang.
  2. Anda bisa pamit sebelum pergi dan berpisah dengan buah hati anda, dan jangan sekali-kali anda pergi diam-diam tanpa diketahui anak anda. Karena hal seperti itu malaha akan menghilangkan kepercayaan anak anda, ia akan merasa di bohongi . justru nanti akan berdampak pada ketergantungan anak yang akan berakar dengan ia tidak akan percaya diri.
  3. Anda dapat melatih anak anda untuk bermain atau melakukan kegiatan yang membuatnya tidak terus menerus berada didekat anda. Seperti memak atau sekolah, atau mengikuti suatu kegiatan sekolah. hal ini akan membuat anak terbiasa untuk memahami bahwa orangtuanya harus melakukan sesuatu sendiri, tetapi mereka tetap ada untuknya.
  4. Saat tidur jangan merupakan latihan berpisahan sementara, biarkan anak anda menyadari itu, sehingga terkadang mereka menolak tidur. Dan ciptakan ritual sebelum tidur, dan bersikaplah tegas namun lemes dan manis.
  5. Jangan lama-lama berpamita, anda perlu melakuan dengan cepat dan langsung pada tujuan. Peluk dan cium katakan padanya ibu atau ayah akan pergi sebentar dan akan kembali . dan jangan hiraukan tangisan atau acuhan anak tetap pada tujuan.dan menta anak untuk mengerti dan jangan lupa utuk mengajarkana nak untuk bercium tangan kedua orang tuanya. Dan mengucapkan salam.

5 tips cara untuk mengatasi cara takut dan kecemasan anak dalam berpisah. Semoga bermanfaat. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here