Hal-hal yang Memicu Munculnya Kanker Otak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kanker otak merupakan salah satu penyakit kronis yang akan menyerang bagian otak. Hal ini umumnya menjadi penyebab kanker otak yang sangat patut dan perlu anda waspadai. Karena pada kanker otak, akan terjadinya pertumbuhan sel-sel tubuh yang memang tidak berfungsi secara baik sehingga akan menyebabkan kerusakan atau kehilangan fungsi bagian tubuhnya. Penyakit kanker otak ini biasa disebut sebagai penyakit kronis karena akan mengakibatkan serangan terhadap otak sebagai bagian vital yang sangat penting dan berhubungan dengan tubuh akan secara langsung mengganggu kinerja saluran organ tubuh. Oleh karena itu pentingnya untuk mengenali apa tanda dan gejala kanker otak tersebut, yang memasuki stadium pertama? Sebagai upaya untuk mendeteksi secara dini karena mencegah umumnya lebih mudah dari pada mengobati.

Baca Juga : Ciri Utama Timbulnya Kanker Otak

Umumnya kanker otak dapat terjadi pada siapa saja pada setiap usia bayi, anak, dewasa ataupum orang tua. Berikut ini adalah beberapa pemicu munculnya kanker otak yang  perlu anda waspadai seperti :

  1. Makanan yang tidak baik , umunya makanan olahan yang memang tidak sehat untuk tubuh.
  2. Bisa karena terinfeksi suatu virus HIV
  3. Adanya bagian otak yang terekspos radiasi saat seseorang melakukan radioterapi
  4. Adanya paparan dari racun dari suatu lingkungan
  5. Adanya paparan dari zat kimia pada tubuh anda
  6. Akibat merokok atau menghirup asap rokok secara aktif akan menimbulkan munculnya sel kanker pada otak anda.
  7. Faktor lainnya yaitu genetik

Pada faktor genetik ini seperti umumnya pada sindrom Gorlin, sindrom Turcot, sindrom Li-fraumeni, Sindrom Von Hippel-lindau dan Sklerosis Tuberose yang akan meningkatkan risiko penyakit kanker otak.

Gejala kanker otak yang terjadi tergantung pada letak, ukuran dan juga kecepatan perkembangan sel kanker yang ada didalam otaknya. Gejala ini timbul karena sel kanker yang menekan dan menghalangi bagian otak sehingga akan tidak dapat berfungsi dengan normal.

Dan gejala kanker lainnya yang harus di waspadai dan umumnya sering terjadi adalah ketika seseorang mengalami sakit kepala terus menerus serta tidaj dapat tertahankan. Gejala kanker ini bisa terjadi pada otak lainnya adalah muntah, tubuh tiba-tiba kejang, pengurangan fungsi pengelihatan menurun, mengurangi fungsi pendengaran, dan gangguan pada indra pembauan, kehilangan keseimbangan tubuh, koordinasi tubuh menghilang, kaku pada leher dan memiliki perubahan prilaku yang abnormal. Gejala gejala tersebut perlu anda waspadai apa bila anda mengalami timbul suatu gejala yang sudah di sebutkan sebaiknya untuk anda curigai sebagai gejala awal kanker otak maka sebaiknya anda periksakan pada dokter untuk memperoleh pengobatan yang tepat.

Baca Juga : Penanganan dan pengobatan Kanker Otak

Gejala akan sulit terdeteksi apa bila kanker otak yang terjadi pada bayi dan anak-anak. Karena umumnya oada usia ini mereka tidak dapat menceritakan gejala yang mereka rasakan. Oleh karena itu jika gejala yang timbul pada mereka sebaiknya para orangtua perlu memperhatikan perubahan perilaku dan kondisi pada anaknya. Dan segera lah perlu di waspadai dan mendapatkan penanganan yang tepat. (NLT)

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here