Jenis-jenis Yogurt : Makanan Dari Bahan Susu

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Yoghurt atau biasa dikenal dengan yogurt adalah susu yang dibuat melalui proses fermentasi bakteri. Yogrut yang dibuah oleh bahan dasar susu termasuk salah satunya susu kacang kedelai. Tetapi kebayak untuk produksi yang modern biasanya digunakan untuk bahan susu yaitu sapi. Yogrut mengandung dua probiotik yaitu lactobacillus dan bifidobachterum. Kandungan gizi yang terdapat pada yogrut baik untuk kesehatan tubuh anda, oleh karena itu yogrut di konsumsi oleh seseorang dalam memenuhi kbutuhannya. Umumnya yogurt terbuat dari susu sapi dan ada juga yang menggunakan bahan pokoknya susu kedelai.

Manfaat yogrut sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang sensitif dengan susu (yang ditandai dengan diare) karena pada laktosa yang terkandung pada susu biasanya sudah disederhanakan dalam proses fermentasi yogurt.

Yogurt dapat dikonsumsi sebagaian minuman sehari hari yang mempu menghambat kadar kolesterol dalam darah karena yogurt mengandung bakterilactobasillus. Lactobasillus ini berfungsi menghambat pembentukan kolesterol dalam darah yang biasanya berasal dari makanan yang anda makan seperpti daging dan bahan lainnya.

Yogurt kuga dapat meningkatkan daya tahan tubuh anda karena yogurt mengandung banyak bakteri baik sehingga akan secara otomatis dapat menyeimbangkan bakteri jahat yang terdapat dalam susu. Dapat melancarkan pencernaan dan mengurangi risiko terjadinya infeksi pada alat kelamin wanita. Dapat mengurangi tekanan keasaman (PH) sehingga dapat mengurangi perkembangan infeksi jamur. Menurunkan risiko darah tinggi.

Berikut adalah jenis-jenis yogurt seperti :

  1. Yogurt plain

Jenis ini merupakan jenis yang tanpa adanya gula, untuk penderita yang terkena diabetes. Dan pada umumnya dapat digunakan untuk masakan, seperti kare, kue dan lainnya.

  1. Yogurt fruit

Jenis yogurt yang mengandung gula karena ditambahkan oleh aneka buah-buahan didalamnya.

  1. Yogurt Frozen

Jenis yogurt ini yang mempunyai banyak mineral tidak memilki bakteri hidup didalamnya, dan dikenal dengan sebutan froya yang dijual dengan aneka jenis toping. Umunya dapat dibandingkan dengan ice cream. Dan memiliki kandungan gizi yang baik dan rendah lemak dan mengandung probiotik untuk dapat melancarkan pencernaan .

  1. Yogurt Greek

Jenis yogurt ini merupakan jenis yang sangat halus permukaannya, kaya akan protein dan rendah gula dan laktosa

  1. Low Fat Yogurt dan non fat yogurt

Jenis ini merupakan yogurt yang terbuat dari skim atau  non skim milk.

  1. Yogurt dahi

Jenis yogurt ini dari subkontinen india yang dikenal dengan rasa yang sangat enak. Pada istilah inggrisnya untuk yogurt spesifik Di Banglandesh , India dan Pakistan curd.

  1. Dadiyah atau dadih

Jenis ini merupakan jenis yogurt tradisyonal dari sumatera barat yang dibuat dari susu kerbau. Dadiah yogurt ini difermentasikan dalam tabung bumbu.

  1. Yogurt labneh dari lebanon

Jenis ini merupakan jenis yogurt yang padat yang biasanya digunakan untuk sandwich.

  1. Yogurt bulgaria

Jenis yogurt ini umumnya dikonsumsi apa adanya, dan populer karena rasa dan aromanya yang berkualitas. Yogurt ini terdapat di Eropa dan yogurt ini tidak mengandung bakteri hidup didalamnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here