Jenis Makanan Fingerfood dan Perlukah Memperkenalkan pada Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kebanyakan seorang bayi telah mengembangkan keterampilanya sendiri tersmasuk keterampilan motorik halus, geraka ini memang yang paling  tepat untuk diperlukan. Dengan mengambil potongan-potongan makanan yang kecil didalam usahanya untuk makan sendiri. Beberapa keterampilannya dalam memegang makanan akan berlangsung secara perlahan. Bagi para orang tua sebaiknya membiarkan anaknya untuk melakukannya sendiri untuk makan dan memegang mamakanan. Dalam menunjang keterampilannya seorang anak untuk makan sendiri, anda perlu hanya memberikan fingerfood. Sebenarnya fingerfood tidak asing lagi anda dengar bukan ?

Nah kapan kah anda perlu memperkenalkan fingerfood pada anak anda?

Ketika seorang bayi sudah berumur 8 sampai 9 bulan, ia mungkin akan berusaha untuk memberitahu anda. Bahwa memang ia sudah siap untuk mulai makan sendiri. Seperti contohnya dengan meraih sendok saat anda sedang menyuapinya atau dengan cara merebut makanan dari piring anda. Pada awalnya bayi anda mungkin  hanya akan mengambil makanan dan menaruhnya pada mulutnya, akan tetapi pada akhirnya dia akan mencari cara untuk menggunakan ibu jari dan telunjuk untuk mengambil makanannya sendiri. Dan keterampilannya ini menggunakan  keterampilan motorik halus disebut pincer graps.

Jika bayi anda memiliki nafsu makan yang baik, tetapi ia belum memiliki banayak gigi, jadi mulailah dengan makanan yang dapat larut dengan mudah dalam mulutnya. Pada saat ia tumbuh menjadi balita, anda  juga dapat memberikan  potongan makanan apapun yang anda makan. Tetapi ingat bahwa bayi belajar mengenal tekstur makanan, warna, dan aroma, jadi anda cobalah untuk menawarkan berbagai macam jenis makanan. Tapi perlu diingat janganlah memberikan permen seperti cake atau kue kering. Dan cemilan tinggi lemak seperti kripik. Bayi anda sangat membutuhkan makanan yang bergizi, bukan kalori kosong.

Makanan yang anda berikan harus mudah digenggam bayi anda untuk menghindari bahaya tersedak. Jika anda memberikan sayuran perlu dimasak terlebih dahulu sehingga cukup lembut untuk dapat ditelan dengan mudah dan semuanya perlu anda potong-potong kecil. Pastikan anda memberikan makanan yang tepat untuk anak anda sesuai usianya. Para ahli mengatakan jangan memberikan telur, ikan atau produk kacang pada anak anda, karena komposisi makanan tersebut tdak baik untuk anak anda. Namun ada beberapa dokter yang menyarankan hati-hati ketika anda memperkenalkan makanan pada anak anda. Jika anda khawatir anak anda memiliki alergi terhadap makanan tertentu, maka anda bisa mmeperkenalkan makanan satu persatu dan awasi reaksi terhadap tubuhnya seperti alergi.

Contoh daftar makanan fingerfood yang dapat anda perkenalkan kepada anak anda seperti :

  1. Sereal oat panggang batangan atau sereal rendah gula lainnya
  2. Potongan kacil roti panggang atau juga bagel (dicampur dengan sayuran untuk vitamin tambahan anak anda)
  3. Potongan kecil pisang atau bahan lainnya yang anda kupas matang seperti mangga, plim, pir, peach, melon atau semangka
  4. Selanjutnya yaitu pasta spiral yang dimasak lalu dipotong-potong
  5. Atau potongan kecil adri keju yang lembut
  6. Telur rebus dicincang
  7. Potongan sayur yang dimasak, seperti kacang polong, zucchini, kentang atau ubi jalar
  8. ayam, daging sapi atau kalkun atau daging lunak lainnya yang dipotong dadu kecil dan dimasak

Berikut adalah jenis makanan yang dapat anda perkenalkan pada anak anda untuk adapat dikonsumsi dengan gizi yang baik tanpa bahan pengawet. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here