Kandungan Gizi yang Terdapat pada Buah Mangga

www.sehatfresh.com -

SehatFresh.com – Buah mangga merupakan buah yang termasuk ke dalam kelompok buah batu atau drupa yang rasanya manis keasaman, berdaging dengan ukuran dan bentuk yang berbeda sesuai dengan jenisnya. Buah mangga dalam bahasa lati disebut dengan Mangifera indica, buah manggan berasal dari Mumbay di negara India. Di negri asalnya pohon buah mangga di anggap sebagai penjelmaan dari Prajapati, buah tersebut dijadikan sebagai makanan pokok apalagi jika terjadi musim paceklik. Berikut ini klasifikasi ilmiah mangga, yaitu :

Kerajaan           : Plantae

Kelas                : Magnoliopsida

Ordo                 : Sapindales

Famili               : Anacardiaceae

Genus               : Mangifera

Spesies              : M. indica

Nama binomial  : Mangifera indica

Kandungan yang terdapat di dalam buah mangga

Buah mangga memiliki kandungan gizi seperti serat,protein, lemak, vitamin, mineral dan jenis gizi lainnya yang baik untuk kesehatan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Dibawah ini merupakan tabel kandungan gizi yang terdapat di dalam buah mangga menurut Laroussilhe, LE MANGUER, pada tahun 1960, yaitu :

Kandungan zat Nilai rata-rata buah mangga
Mentah matang
Air 90.00 % 86.00 %
Protein 0.70 % 0.60 %
Gula total 8.80 % 11.80 %
Lemak 0.10 % 0.10 %
Serat 1.10 %
Mineral 0.40 % 0.30 %
Kapur 0.03 % 0.01 %
Fosfor 0.02 % 0.02 %
Besi 4.50 mg 0.30 mg
Vitamin A 150 U.I mg 4800 U.I mg
Vitamin B1 0.04 mg
Vitamn B2 0.03 mg 0.05 mg
Vitamin C 3.00 mg 13.00 mg
Asam nicotinat 0.30 mg
Nilai kalori per 100 gram 39 50-60

Selain kandungan gizi yang telah dijelaskan diatas, nutrisi yang tak kalah penting yang terdapat di dalam buah mangga yaitu senyawa fitokmia yang memiliki perbedaan sesuai dengan varietasnya. Ada 25 karotenoid yang tercatat dan berbeda yang ada di berbagai kultivar mangga. Akan tetapi yang paling banyak yaitu kandungan beta karoten sehingga mangga berwarna oranye. Selain itu mangga juga memiliki kandungan alfa karoten, beta cryptoxanthin, luteiz zeaxanthin, likopen, vitamin B6, vitamin K, vitamin E, B3, seng dan karbohidrat. Mangga juga memiliki kandungan polifenol, mangiferin, xanthonoid, dan asam galat yang terdapat pada bagian daun mangga.

Kandungan gizi yang terdapat di dalam buah mangga tersebut sangat baik bagi kesehatan tubuh kita dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu buah mangga memiliki berbagai jenis manfaat untuk mencegah penyakit jantung, kanker, diabetes, menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin E yang terdapat di dalam buah mangga dapat dijadikan sebagai asupan nutrisi yang baik bagi kesehatan kulit anda. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here