Kandungan Gizi yang Terdapat pada Susu

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Susu merupakan salah satu minuman yang banyak disukai oleh orang, selain itu susu juga baik untuk kesehatan tubuh. Karena disukai banyak orang maka banyak sekali olahan dari minuman sampai makanan yang menggunakan susu. Susu juga diketahui sejak zaman dahulu pernah dijadikan makanan utama oleh orang pada zamannya.

Dari banyaknya orang yang menyukai susu, ternyata ada juga yang menghindari atau tidak suka minum susu karena alasannya bikin mual, tidak enak dan lain sebagainya. Jika anda termasuk orang yang tidak suka susu sebaiknya di pikirkan kembali ruginya jika anda tidak suka minum susu. Anda akan rugi karena banyak sekali kandungan gizi yang tidak akan anda dapatkan jika tidak minum susu. Apa saja sebenarnya kandungan gizi yang terdapat dalam susu sehingga jika anda tidak suka susu maka akan rugi? Berikut beberapa kandungan gizi yang terdapat pada susu:

  1. Protein

Protein yang terkandung dalam susu yaitu sebanyak 3,2 gram. Protein susu memiliki kemampuan untuk memberi asam amino utama pada tubuh seseorang yang digunakan untuk membentuk jaringan tubuh dan membangun sel-sel tubuh yang beragam. Selain itu, protein juga berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.

  1. Lemak

Lemak yang terkandung dalam susu adalah lemak sehat karena akan benar-benar terbakar dan tidak tertimbun fi dalam tubuh. Bentuk lemak susu adalah cair sehingga mudah di cerna. Lemak pada susu terdapat sebanyak 3,5 gram sedikit lebih banyak dari kandungan proteinnya.

  1. Laktosa

Laktosa merupakan gula yang mengandung dua unsur yaitu glukosa dan galaktosa. Rasa manis pada gula susu adalah 1/6 manisnya sukrosa. Sedikitnya kandungan galaktosa pada susu membuat aman di minum oleh penderita diabetes.

  1. Vitamin

Ada beberapa vitamin yang terkandung dalam susu. Satu, vitamin B1 sebanyak 0,03 mg. Vitamin B1 ini bermanfaat untuk membantu dalam mengkonversi karbohidrat menjadi glukosa. Dari proses tersebut akhirnya akan menghasilkan energi untuk berbagai fungsi dalam tubuh. Vitamin B1 juga berperan penting untuk mempertahankan fungsi syaraf dan kesehatan jantung. Kedua yaitu vitamin C sebanyak 1 gram. Vitamin C ini banyak sekali manfaatnya bagi tubuh manusia, meliputi mencegah penyakit dan melawan sel kanker, memperbaiki jaringan sel kulit, meningkatkan mood, menurunkan resiko terjadinya serangan jantung, mencegah naiknya tekanan darah, meningkatkan kesehatan mata, mengurangi komplikasi pilek, mencegah stroke dan mencegah penuaan dini. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here