Karang Gigi Akan Menyebabkan Gigi Keropos Jika Dibiarkan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Apa itu karang gigi? Secara normal, gigi dilapisi oleh plak yang berupa lapisan tipis yang berisi bakteri. Jika tidak dibersihkan, plak pada gigi tersebut sedikit demi sedikit akan mengalami mineralisasi sehingga mengeras dan sulit untuk dibersihkan dari permukaan gigi. Plak gigi yang mengalami pengerasan atau mineralisasi inilah yang kemudian biasa disebut dengan karang gigi. Jika dibandingkan dengan masalah pada mulut lainnya, bahaya karang gigi seringkali dianggap tidak terlalu penting. Tidak sedikit pula yang bersikap tidak peduli terhadap adanya karang gigi. Kenyataannya, jika tidak segera ditangani, karang gigi dapat membuat gigi menjadi keropos.

Lalu apa penyebab munculnya karang gigi? Penyebab dari berkembangnya karang gigi bermacam-macam, mulai dari kebiasan malas untuk sikat gigi, sering mengkonsumsi makanan manis, dan merokok. Menyikat gigi dua kali sehari selama minimal dua menit dianggap mampu mencegah tumbuhnya karang gigi. Untuk meminimalisir tumbuhnya karang gigi, sebaiknya Anda juga menjaga makanan yang akan dikonsumsi.

Karang gigi juga memiliki efek serius pada kesehatan mulut dan tubuh secara keseluruhan terutama jika tumbuh di atas garis gusi. Sebab di sanalah tempat yang tepat bagi bakteri untuk bersarang, kemudian menyusup ke dalam gusi sehingga membuat gusi rusak dan mengalami iritasi. Karang gigi yang terbentuk selama bertahun-tahun di dalam mulut mengalami penebalan sehingga semakin banyak bakteri yang akan menumpuk. Hal ini dapat memicu penyakit dan efek negatif lainnya bagi kesehatan rongga mulut Anda. Salah satu akibat dari karang gigi adalah bisa menyebabkan gigi menjadi keropos. Adanya karang gigi membuat proses menyikat gigi menjadi tidak efektif.

Gangguan pada gigi ini akan memudahkan proses pemecahan enamel gigi yang diakibatkan oleh asam yang dikeluarkan oleh asam yang dikeluarkan oleh bakteri mulut. Hal ini akan kian memudahkan munculnya gigi berlubang dan gigi keropos. Mengapa itu bisa terjadi? Lubang pada gigi disebabkan oleh karang gigi mengandung bakteri yang mendukung proses terjadinya karies atau lubang pada gigi. Dan karena gigi yang berlubang ini sulit untuk dibersihkan dengan sikat gigi, bakteri-bakteri yang bersembunyi di dalam karang gigi ini akan lebih mudah untuk menggerogoti gigi ini.

Maka dari itu, karang gigi yang dibiarkan saja dan tidak segera ditangani akan sedikit demi sedikit membuat gigi Anda keropos. Karena itu, segeralah mulai menangani karang pada gigi Anda. Mulailah rutin untuk menyikat gigi serta berkumur dengan mouthwash dari sekarang. Dan yang terpenting, hentikan kebiasaan merokok Anda dan jaga selalu makanan yang akan Anda konsumsi. (SFK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here