Kayu Manis Membantu Meredakan Nyeri saat Menstruasi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Anda tentu tahu apa itu kayu manis, namun tahukah anda kayu manis mampu meredakan nyeri pada saat menstruasi? Kayu manis mmerupakan salah satu rempah-rempah yang memiliki aroma khas.

Kayu manis memiliki berbagai manfaat seperti dapat mengobati diare, pilek dan flu, sakit perut, hipertensi, kehilangan nafsu makan hingga bronkitis. Selain itu jenis tertentu dari kayu manis yaitu kayu manis cassia memiliki manfaat untuk kesehatan karena dapat menurunkan gula darah pada penderita diabetes.

Pada sebuah studi laboratorium diketahui bahwa kayu manis dapat mengurangi peradangan, memiliki efek antioksidan dan melawan bakteri. Namun, penemuan ini masih membutuhkan penelitian lebih dalam untuk mengetahui risiko yang mungkin dapat ditimbulkan.

Bagaimana membuat kayu manis untuk meredakan nyeri haid?

Haid atau menstruasi merupakan siklus yang terjadi setiap bulan pada seorang wanita. Pada saat menstruasi terkadang banyak wanita yang mengeluhkan merasa nyeri disekitar area perut. Nyeri haid juga dikenal dengan dysmenorrhea atau kram menstruasi.

Kram atau nyeri pada saat menstruasi biasanya terjadi pada hari pertama hingga hari kedua. Kram menstruasi disebabkan oleh zat seperti hormon yang disebut dengan hormon prostaglandin yang menyebabkan otot-otot rahim berkontraksi selama menstruasi. Kram tersebut dapat menyebabkan nyeri di bagian bawah perut dan rasa sakit ke bagian punggung bawah hingga ke paha.

Hal ini tentunya akan sangat menggangggu aktivitas sehari-hari. Dengan menggunakan rempah alami seperti kayu manis akan membuat rasa menyakitkan pada saat menstruasi menjadi lebih reda. Anda cukup memasukkan setengah sendok teh kayu manis bubuk serta satu sendok makan madu ke dalam sebuah cangkir, kemudian tuang air panas dan aduk hingga merata. Anda dapat mengonsumsi minuman alami ini sebanyak tiga kali sehari pada saat menstruasi hari pertama hingga nyeri haid berkurang.

Kayu manis memnag sidah lama digunakan untuk mengurangi berbagai masalah kesehatan terutama flu dan alergi. Akan tetapi kayu manis ternyata mampu membantu mengurangi rasa sakit pada saat menstruasi. Kandungan pada kayu manis yang dapat membantu meredakan kram saat menstruasi seperti serat, kalsium dan zat besi. selain itu kayu manis juga mengandung mangan, mineral yang dapat membantu mengurangi masalah-masalah saat menstruasi.

Selain dengan kayu manis, anda juga perlu menghindari makanan yang dapat memperparah kram. Makanan tersebut seperti makanan berlemak, alkohol, minuman berkarbonat, dan kafein. Anda juga dapat menggunakan kompres panas, olahraga, dan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium.

Namun jika anda mengalami rasa sakit yang semakin parah, keluhan bertambah, dan merasa kram meskipun telah selesai menstruasi, sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here