Mengenal Istilah Butterfly Project atau Mengatasi Orang Melukai Diri

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Istilah butterfly project mungkin masih asing dan tabu dikalangan masyarakat karena faktanya masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui mengenai istilah tersebut, terlebih bagi mereka yang awam. Lalu pernahkah anda mengenal istilah butterfly project dan apa yang dimaksud dengan butterfly peroject?

Butterfly project merupakan suatu istilah yang digunakan untuk membantu mengatasi orang-orang yang melukai dirinya sendiri (self harm). Tujuan dari tindakan ini yaitu untuk memberikan motivasi dan dukungan kepada individu self harm untuk berhenti melukai dirinya sendiri. Seorang tim ahli hipnoterapis menemukan ide ini di blog online dan merasa bahwa hal ini merupakan ide bagus untuk dipromosikan dan tim ahli tersebut merekomendasikan untuk melakukannya.

Selain itu metode butterfly project dapat dilakukan pada siapapun yang menderita depresi termasuk bagi mereka yang menjadi korban perkosaan yang dapat beresiko melakukan tindakan untuk melukai dirinya sendiri.

Menurut Gracey mendefinisikan bahwa istilah butterfly project adalah suatu metode yang dapat membantu para orang yang mengalami self harm dengan mencelakakan atau melukai diriya sendiri akibat tekanan atau masalah yang sedang dialaminya. Selain itu Anonymous juga mendefinisikan bahwa istilah butterfly project yaitu suatu metode yang dibuat untuk mengatasi orang-oarang yang melukai dirinya sendiri dengan memberikan motivasi atau dukungan untuk berhenti melakukannya.

Metode butterfly project cukup mudah untuk melakukannya yaitu dengan cara menggambar kupu-kupu dibagian tubuh yang biasanya menjadi tempat sasaran anda untuk dibuat luka. Pada kupu-kupu tersebut anda dapat menambahkan nama atau suatu hal yang dapat memotivasi anda dalam menghadapi tekanan dan masalah yang ada sehingga anda saat ingin melukai diri sendiri niatan tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Selain itu butterfly project dapat dilakukan oleh seseorang yang tidak mengalami self harm dengan menggambar kupu-kupu dan menunjukannya pada individu yang mengalami self harm. Self harm merupakan suatu hal yang dianggap tabu untuk dibahas dan bahkans ering kali dianggap sebuah aksi untuk mencari perhatian, tidak tahu rasa bersyukur terhadap hidup atau sesuatu hal yang menakutkan.

Padahal kondisi ini cukup membahayakan dan perlu menanganan serta dukungan dari orang-orang sekitar. Self harm yaitu suatu tidakan seseorang menyakiti diri sendiri sebagai cara untuk mengatasi, mengungkapkan atau bertahan dengan keadaan yang sulit atau tekanan yang sedang dialamiya. Self harm bukan termasuk percobaan bunuh diri, meskipun percobaan bunuh diri juga membutuhkan aksi untuk menyakiti diri sendiri.

Self harm termasuk dalam kategori nonsuicidal self injury (NSSI). Meskipun butterfly project memiliki ide yang sangat sederhana yaitu dengan menggambar kupu-kupu dibagian tubuh yang sering dilukai oleh self harm, akan tetapi membawa dampak yang cukup besar untuk dijadikan motivasi atau dukungan. Apabila gambar kupu-kupu yang kita buat mumudar dengan sendirinya dan tanpa melukai bagian tersebut maka kupu-kupu tersebut dapat hidup dan terbang menjauh serta memberikan rasa prestasi pada diri anda.

Hal ini dapat diartikan apabila anda membiarkan gambar kupu-kupu tersebut bertahan dan memudar dengan sendirinya maka anda berhasil memotivasi diri sendiri untuk tidak melukai diri sendiri dan meyakini bahwa permasalahan tersebut telah menjauh dari anda. (KMY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here