Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Ginjal

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Secara sederhananya ginjal merupakan organ yang bertugas untuk menyaring racun atau zat sisa pada darah yang tidak lagi digunakan oleh tubuh sehingga harus dibuang melalui keringat atau urine yang setiap hari anda keluarkan dari tubuh. Oleh karena itu organ ginjal sangat penting bagi tubuh, harus di jaga kesehatannya jangan sampai mengalami kerusakan. Bayangkan saja bila ginjal mengalami kerusakan maka racun dan zat sisa tersebut tidak bisa keluar dari tubuh dan tentunya akan berdampak buruk bagi tubuh.

Rusaknya ginjal dan fungsinya dapat terjadi karena kebiasaan buruk yang tidak anda sadari justru dapat merusak fungsi ginjal tersebut. Kebiasaan buruk tersebut biasanya anda lakukan secara berulang sehingga memperparah keadaan ginjal. Kebiasaan buruk yang dapat merusak ginjal meliputi:

  1. Minum minuman yang beralkohol

Jika anda hanya minum air putih akan mempermudah kinerja ginjal, ginjal tidak perlu bekerja keras seperti halnya ketika anda mengonsumsi alkohol dalam jangka yang sering. Ginjal bekerja keras saat anda meminum alkohol karena adanya zat berbahaya yang terkandung dalam alkohol. Semakin sering anda minum alkohol maka fungsi ginjal akan lebih cepat rusak.

  1. Sering mengonsumsi minuman bersoda

Selain alkohol, sering minum bersoda juga dapat merusak fungsi ginjal anda. Hal tersebut terbukti dengan penelitian yang dilakukan di Universitas Osaka Jepang, penelitian tersebut meneliti responden yang mengonsumsi minuman bersoda 2 gelas per hari dan hasilnya urin yang mereka keluarkan mengandung protein, dimana menunjukan adanya kerusakan ginjal.

  1. Kurang air putih

Sudah tidak bisa kita pungkiri lagi bahwa air putih memang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Begitu juga ginjal, saat anda kurang minum air putih yang cukup maka ginjal akan kesulitan dalam menyaring racun sehingga terjadi penumpukan racun-racun dalam darah.

  1. Penggunaan obat-obatan kimia

Saat anda sakit dan meminum obat, tidak semua obat dapat terserap oleh tubuh sehingga ginjal akan bekerja keras untuk mengeluarkannya. Efek dari obat kimia yang sering anda konsumsi juga akan merusak fungsi ginjal

  1. Tidur yang tidak cukup

Kurang tidur atau tidur yang kurang berkualitas juga berperan dalam merusak ginjal anda. Hal tersebut terjadi karena kurang tidur akan menghambat proses regenerasi sel-sel jaringan organ ginjal.

  1. Sering menunda buang air kecil

Jika anda sering menunda buang air kecil, sebaiknya tinggalkan kebiasaan tersebut karena dapat membahayakan organ ginjal. Salah satunya dapat menyebabkan penyakit ginjal.

  1. Merokok

Ginjal akan mengalami gangguan saat menjalankan fungsinya jika anda sering merokok. Zat-zat kandungan yang terdapat pada rokok dapat menyebabkan terjadinya penyempitan dan pengentalan darah sehingga suplai darah ke ginjal akan berkurang. Hal tersebut yang membuat ginjal rusak. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here