Remaja tidak Perlu Cemas Jika Sering Mengalami Mimpi Basah

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Respon seseorang terhadap sesuatu memang berbeda-beda, apalagi tentang suatu hal yang bersifat baru. Termasuk juga remaja, dimana mereka sedang dalam tahap atau masa pubertas. Mereka akan menjumpai banyak hal baru yang sebelumnya belum pernah mengetahui dan merasakannya.

Pada remaja laki-laki khususnya, akan mengalami masa pubertas dengan ditandai adanya rambut atau bulu halus yang mulai tumbuh, suara yang membesar, mulai jerawatan, organ kemaluan mulai berkembang, area ketiak mulai tumbuh bulu, keringat yang berlebih dan bau badan serta mimpi basah.

Dari tanda-tanda pubertas di atas, yang responnya unik yaitu mimpi basah karena masing-masing remaja menyikapinya dengan berbeda-beda. Ada yang biasa saja saat terbangun dan mimpi basah karena tidak tahu dan tahunya ngompol saja. Dan ada yang cemas bahkan takut jika mengalami mimpi basah saat bangun di pagi hari.

Sebenarnya bagi anda anak remaja, saat anda mengalami mimpi basah jangan cemas. Karena dengan mimpi basah harusnya anda senang bahwa anda sudah dikategorikan dewasa dengan mengalami mimpi basah tersebut. Hal tersebut dinyatakan oleh psikolog bernama Annelia Sari Sani, bahwa laki-laki yang sudah mimpi basah menandakan sudah tumbuh menjadi pria dewasa.

Anda juga tidak perlu khawatir dengan memikirkan mimpi basah yang anda alami akan memunculkan penyakit-penyakit yang menakutkan. Hal itu tidak akan terjadi, karena mimpi basah adalah hal yang normal. Mimpi basah menandakan adanya perubahan hormonal di dalam tubuh remaja, jadi untuk apa jika anda merasa cemas karena itu hal yang wajar.

Justru saat anda sudah mengalami mimpi basah, berusahalah untuk melakukan kegitan positif lain untuk mengembangkan minat dan bakat yang lebih positif. Karena ketika anda sudah mengalami mimpi basah, biasanya pikiran anda akan terpaku dengan soal bercinta. Jadi, jika tidak dilakukan ke hal-hal yang positif nanti dampaknya akan buruk untuk diri anda sendiri.

Mungkin memang wajar jika seorang remaja yang baru mengalami mimpi basah akan selalu membayangkan hal-hal tentang bercinta, berhubungan dengan lawan jenis. Namun semua itu harus ada batasnya, jangan dilakukan secara terus menerus. Jika perlu, anda bisa bercerita atau bertanya dengan orang tua atau kakak laki-laki anda seputar keluhan anda terhadap mimpi basah. Dengan bercerita kepada orang lain akan membuat anda paham dan rasa cemas sedikit demi sedikit akan berkurang. Saat sudah mengalami mimpi basah, anda juga harus menjaga kebersihan organ intim agar tetap sehat. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here