Manfaat Mengonsumsi Jamur dari Kandungan Nutrisinya

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Jamur merupakan salah satu bahan makanan yang digemari oleh masyarakat indonesia. Selain memiliki rasa yang lezat dan dapat diolah menjadi berbagai masakan, jamur juga memiliki nutrisi yang cukup tinggi.

Jamur memiliki berbagai jenis. Jamur yang dapat dimakan dan mudah ditemukan di daerah indonesia seperti jamur kuping, jamur tiram, jamur shiitakejamur merang, jamur kancing dan banyak lainnya. Namun ada jamur yang tidak boleh dikonsumsi karena mengandung racun.

Jamur telah dikonsumsi sejak lama, baik diolah sebagai makanan maupun pembuatan obat tertentu. Jamur adalah tumbuhan yang bisa hidup di alam liar maupun di budidayakan. Jamur memiliki kalori yang rendah dengan protein yang lebih tinggi. Selain itu jamur juga mengandung vitamin serat dan juga antioksidan. Dari kandungan nutrisi pada jamur apa saja manfaat dari mengkonsumsi jamur ini?

  1. Jamur membantu mencegah penurunan fungsi kognitif

Peneliti dari singapur menemukan bahwa dengan mengonsumsi jamur bisa menurunkan risiko terjadinya penurunan fungsi kognitif pada lansia. Pada penelitian ini lansia mengonsumsi dua porsi masakan jamur dalam satu minggu.

  1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Jamur shitake digunakan untuk membuat obat flu. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak jamur shitake dapat melawan virus dan meningkatkan daya tahan tubuh dari infeksi bakteri atau jamur.  Selain itu, jamur shitake dan oyster mengandung beta-glukan atau salah satu polisakarida yang memperkuat sistem kekebalan tubuh.

  1. Menurunkan kolesterol tinggi

Kandungan pada jamur seperti beta-glukan, eritadenine, dan chitosan memabntu menurunkan kolesterol. Pada sebuah penelitian yang dilakukan pada orang dengan obesitas dan melakuka diet dengan mengonsumsi jamur menunjukkan hasil bahwa mengganti jamur selama tiga kali dalam satu minggu dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik) sebanyak 8 persen, mengurangi trigliserida sebanyak 15 persen dan menurunkan berat badan sebesar 3,6 persen.

  1. Jamur baik bagi kesehatan jantung

Kandungan pada jamur seperti serat, kalium, dan vitamin C berkontribusi menjaga tekanan darah dan kolesterol dalam tubuh sehingga menurunkan risiko terjadinya penyakt pada kardiovaskuler dan hipertensi.

  1. Melancarkan pencernaan

Jamur memiliki kandungan serat yang baik bagi kesehatana pencernaan. anda dapat mengonsumsi jamur jenis jamur kuping satu porsi perhari dan dapat memenuhi kebutuhan serat harian hingga 50 %.

  1. Mencegah anemia

Salah satu penyebab terjadinya anemia adalah karena kekurangan zat besi yang merupakan mineral yang penting dalam pembentukan sel darah merah. Dengan mengonsumsi jamur satu porsi setiap hari dapat memenuhi kebutuhan zat besi sekitar 9-21 persen dari kebutuhan harian.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here