Kegiatan yang Dapat Anda Lakukan Selepas Sahur Agar tidak Langsung Tidur

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Saat makan sahur, tidak sedikit di antara kita yang masih lemas setelah terbangun dari tidurnya. Rasa lemas ini terkadang belum hilang setelah makan sahur selesai. Tidur kembali adalah pilihan yang diambil oleh sebagian orang. Padahal, masih ada sejumlah kegiatan lain yang lebih bermanfaat.

Sebenarnya, tidur kembali selepas sahur sangat tidak dianjurkan. Selain dapat membahayakan kesehatan, Anda bisa melewatkan waktu salat subuh berjamaah. Berikut adalah beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan selepas sahur agar tidak langsung kembali tidur.

  • Membereskan meja makan

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah membereskan dan membersihkan meja makan. Jangan biarkan terlalu lama piring-piring yang dipakai untuk sahur dibiarkan kotor. Segera cucilah piring-piring tersebut. Tak salah juga bila Anda turut membersihkan peralatan dapur yang digunakan untuk memasak aneka menu sahur.

  • Salat sunnah dan dzikir

Dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad SAW dan para sahabat beliau biasa mengisi waktu jeda antara makan sahur dan salat subuh dengan salat sunnah, dzikir, dan berdoa. Selain mendapatkan keutamaan waktu sepertiga malam terakhir yang merupakan waktu mustajab untuk berdoa, otomatis juga terhindar dari tidur.

  • Membaca Al Quran

Saat yang tepat untuk mengkhatamkan Al Quran adalah di bulan Ramadhan. Anda bisa melakukan kapanpun Anda sempat, misalnya di antara waktu sahur dan adzan subuh.

  • Membaca buku-buku agama

Membaca buku-buku agama juga bisa Anda lakukan untuk memperbanyak pengetahuan Anda. Selesai sahur adalah waktu yang tepat untuk membaca buku karena Anda bisa menemui keadaan yang tenang dan sepi sehingga bisa berkonsentrasi. Tapi, ini dengan catatan Anda harus menjauhi diri dari televisi atau gadget ya.

  • Menjadwal kegiatan satu hari

Agar Anda lebih disiplin dalam menjalankan aktivitas, sebaiknya Anda membuat jadwal kegiatan untuk satu hari. Anda, misalnya, dapat mengagendakan jadwal kegiatan mulai dari sesaat setibanya di kantor, saat istirahat siang hingga pulang jam kantor. Jadwal kegiatan yang tertata rapi dapat membantu tugas Anda sehari-hari di kantor lebih sistematis. Yang perlu Anda ingat, berpuasa bukan alasan untuk mengurangi kualitas atau kuantitas kegiatan Anda sehari-hari. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan agenda yang lain, contohnya pergi ke masjid untuk mendengar ceramah, berkunjung ke panti asuhan, atau ikut pengajian.

  • Me-review kekurangan kemarin

Ini penting lho! Anda bisa mengisi waktu dengan mengingat apa saja yang belum bisa Anda lakukan di hari kemarin dan berusaha memperbaikinya. Berusahalah untuk menjadikan hari yang akan dijalani lebih baik daripada hari kemarin. (SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY