Kenali Perawatan Masa Nifas Setelah Melahirkan

0
4
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Banyak wanita yang bingung bagaimana merawat diri ketika mengalami masa nifas. Setelah melahirkan seorang wanita mungkin terlalu bahagia dan fokus kepada bayinya, sehingga perawatan diri ketika masa nifas seringkali terabaikan.

Bagaimana Perawatan Masa Nifas?

Beberapa hal yang bisa dilakukan ketika perawatan masa nifas ialah sebagai berikut:

  • Membersihkan Diri

Saat wanita mengalami masa nifas, maka wanita perlu merawat kebersihan diri. Sebab saat masa nifas sangat berpotensi terjangkit kuman dan bakteri masuk ke vagina. Ada baiknya ibu yang mengalami masa nifas mandi dua kali sehari di waktu yang tepat. Perhatikan kebersihan alat kelamin dengan mencuci bersih dengan air bersih. Jika membersihkan vagina sebaiknya dari arah depan ke belakang.

  • Mengganti Pembalut Sesering Mungkin

Seorang wanita yang sedang mengalami masa nifas, sebaiknya mengganti pembalut sebanyak 4 jam sekali. Jika belum 4 jam, tapi pembalut sudah kotor, maka sebaiknya ibu segera mengganti pembalut. Ada baiknya ibu juga sering mencuci tangan ketika hendak menyentuh vagina. Jangan menyentuh luka jahitan karena bisa terasa perih.

  • Istirahat Secukupnya

Wanita yang sedang mengalami masa nifas, ada baiknya banyak istirahat. Ketika tubuh sudah bersih, sudah makan, dan bayi tidur, sebaiknya juga ikut tidur. Istirahat menjadi hal yang sangat penting ketika ibu baru saja melahirkan karena sangat lelah selama proses persalinan. Ada baiknya ibu beristirahat selama 8 jam sehari setelah melahirkan.

  • Beri Asupan Gizi

Ada baiknya wanita yang baru saja melahirkan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi dan mengandung gizi. Asupan gizi bagi ibu hamil sangatlah penting ketika masa nifas. Asupan gizi ini sebagai pemulihan energi yang  terbuang ketika proses persalinan. Ada baiknya mengkonsumsi makanan yang sehat, mengandung zat besi, dan mengkonsumsi obat penambah darah.

  • Jangan Melakukan Hubungan Intim

Sepasang suami istri tentunya ingin berhubungan intim secara teratur. Tapi bagi wanita yang sedang mengalami masa nifas, tidak diperbolehkan berhubungan intim sepanjang 40 hari, hingga masa nifas benar-benar berhenti. Rahim pun bisa kembali normal ketika sudah memasuki waktu 3 bulan setelah proses melahirkan.

  • Jangan Mengkonsumsi Sayur dan Buah yang Menghasilkan Gas

Ada baiknya ibu hamil tidak mengkonsumsi sayur dan buah yang menghasilkan gas karena bisa membuat ibu yang sedang mengalami masa nifas menjadi diare. Diare membuat ibu kekurangan cairan dan merasa lemas. Pastikan ibu rutin minum air putih dan mengkonsumsi makanan sebagai sumber tenaga dan penambah darah saja.

  • Jangan Melakukan Aktivitas Berat

Ibu yang sedang mengalami masa nifas, ada baiknya tidak melakukan aktivitas berat seperti menjinjing barang, mengepel lantai, atau mendorong beban. Sebab kondisi ibu sedang lemah dan butuh proses pemulihan.

Demikian informasi mengenai perawatan masa nifas bagi para wanita. (MLS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY