Kenali Alasan Remaja Menyakiti Diri Sendiri

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Banyak remaja yang sering kita temui memiliki bekas luka pada tubuhnya. Padahal bekas luka tersebut memang dibuat oleh diri-sendiri. Banyak sekali remaja yang justru lebih suka menyakiti diri sendiri demi mendapatkan kelegaan. Kira-kira apa alasannya ya?

Apa Alasan Remaja Menyakiti Diri Sendiri?

Masa remaja merupakan masa yang paling riskan untuk melakukan self-injury atau melukai diri-sendiri. Seseorang bisa jadi melukai dirinya sendiri karena mendapati kondisi yang sulit bagi dirinya. Ada sebuah kejadian atau perlakuan orang lain yang membuat seorang remaja tertekan jika menyimpannya sendiri kemudian disalurkan dengan melukai diri sendiri. Beberapa alasan ini membuat remaja melukai diri sendiri:

  • Mengalihkan Pikiran

Remaja yang memiliki beban pikiran terlalu berat biasanya akan berusaha mengalihkan pikirannya dengan melukai diri sendiri. Biasanya ini terjadi oleh remaja yang memiliki persoalan hidup sangat berat dan ingin menumpahkan rasa sakitnya tapi tidak tahu bagaimana caranya.

  • Menghilangkan Stres

Seorang remaja bisa melukai dirinya sendiri jika mendapatkan banyak tekanan yang begitu berat. Rasa stress yang begitu tinggi sangat menyiksa diri sehingga ingin dipelampiaskan dengan cara melukai dirinya sendiri.

  • Menghindari Trauma

Ada banyak remaja yang semasa hidupnya mengalami trauma psikologis sehingga ingin menghindari rasa trauma tersebut. Perasaan trauma yang berlebihan membuat seorang remaja ingin melupakan ingatannya dengan cara menggoreskan luka pada tubuhnya sendiri.

  • Menyampaikan Rasa

Seorang remaja yang memiliki block mental pada banyak hal, rasa minder, marah, kecewa, dan tekanan yang berat membuat mereka ingin menceritakannya kepada orang lain. Tapi sayangnya remaja ini tidak memiliki tempat bercerita dan merasa orang lain tidak memahaminya. Sehingga remaja tipe ini memiliki kecenderungan untuk melukai diri sendiri agar mendapat kelegaan akan perasaan yang tidak tersampaikan di dalam hati tersebut.

  • Menyalahkan Diri Sendiri

Seorang remaja yang sering mengalami tindak kekerasan dari orang yang lebih tua seringkali merasa dirinya terhukum. Sehingga ia justru sering melukai diri sendiri setiap kali melakukan kesalahan karena merasa dirinya layak dihukum. Cara menghukum diri sendiri pun sangat beragam. Bisa dengan melukai diri dengan pisau, tidak makan, atau membenturkan kepalanya di tembok.

  • Memuaskan Emosinya

Seorang yang memiliki rasa ketagihan terhadap narkoba, miras, atau rokok sama dengan seorang remaja yang sering melukai dirinya sendiri. Seorang bisa jadi menghajar dirinya sendiri untuk memuaskan emosinya yang meledak-ledak. Seorang bisa menuntaskan emosinya pada diri sendiri karena emosinya tidak bisa tersalur pada orang lain. Remaja yang memiliki kemarahan tak tersampaikan pada orang yang bersangkutan dan tidak mampu menahan emosi lebih cenderung melukai dirinya sendiri.

Demikian informasi mengenai alasan remaja menyakiti diri sendiri. Semoga bermanfaat bagi para Pembaca.(MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here