Kenali Penebalan Kulit atau Kapalan, Wajib Baca!

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Semua orang pasti setuju bahwa kapalan adalah hal yang sangat mengganggu. Kapalan merupakan gangguang pada kulit dimana terjadinya penebalan. Kebanyakan orang tentu pernah mengalami hal ini. Biasanya hal ini terjadi pada orang yang jarang mengganti sepatunya atau sering melakukan kerja berat yang menyebabkan sirkulasi udara pada kulit tidak ada dan terjadi penebalan dibagian bawah kulit. Tidak hanya itu, penebalan pada kulit juga mengakibatkan area kulit yang menebal menjadi gelap. Bagi wanita hal ini tentu sangat mengganggu penampilan mereka.

Apa Penyebab Kapalan?

  • Seringnya Menggunakan Alat Musik

Kamu pemain band sejati? Tentunya akan selalu bermain alat musik. Hal ini juga dapat menyebabkan kapalan karena seringnya tangan memegang benda dengan erat.

  • Tidak Nyaman Dengan Sepatu

Memakai sepatu terlalu longgar atau terlalu sempit juga dapat menyebabkan kapalan karena tergesek jahitan pada sepatu.

  • Tidak Memakai Kaos Kaki

Berhati-hayilah apabila tidak memakai kaos kaki. Selain kaki anda akan lecet, ternyata dapat menyebabkan kapalan juga.

  • Kecacatan

Anda mengalami gangguan jari kaki palu? Yaitu jari kaki bengkok kebawah seperti cakar burung. Apabila tidak dilindungi tentu gesekan yang terjadi dapat menyebabkan kaki anda kapalan.

Bagaimana Gejala Kapalan?

  • Pada kulit yang terkena kapalan lama-lama menjadi kasar dan menebal
  • Di bagian bawah kulit akan terasa sakit apabila disentuh
  • Mengerasnya benjolan pada kulit yang terkena kapalan
  • Terjadi pecah-pecah dan kering pada kulit

Bagimana Cara Menghilangkan Kapalan?

  1. Cengkeh Dan Lemon

Cengkeh dan lemon merupakan kombinasi yang efektif untuk mengatasi kapalan anda. Caranya campurkan air lemon pada cengkeh lalu rendam atau usap pada tempat yang terkena kapalan.

  1. Bawang Putih Dan Cuka

selain cengkeh dan lemon. Bawang putih dan cuka pun dapat berpartisipasi mengobati gangguan kapalan anda. Caranya tumbuk bawang putih dan campurkan dengan cuka secukupnya. Letakkan ramuan tersebut diatas tempat yang terkena kapalan. Dijamin, kulit yang menebal akan terkikis perlahan-lahan.

  1. Vitamin A dan Vitamin E

Selain untuk tubuh, ternyata vitamin ini baik untuk mengikis kapalan anda. Vitamin ini mudh didapat pada toko-toko terdekat. Haluskan vitaminnya dan letakkan pada kaki yang terkena kapalan. Selain vitamin yang dijual di toko, anda juga dapat menggunakan buahnya langsung yang mengandung vitamin A seperti, wortel.

  1. Baking Soda

Bahan untuk membuat kue ini pun tak kalah khasiatnya dengan yang lain. Caranya, siapkan rendaman air hangat dan campurkan dengan baking soda hingga larut. Lalu, rendam kaki anda selama 15-20 menit. Untuk mempercepat pengikisan anda juga dapat menggunakan batu apung sehabis merendam kaki. Selamat mencoba. (NIA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY