Kenali Penyebab dan Faktor Risiko Penyakit Jantung Koroner

0
4
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat Pembaca, kita sudah sering mendengar bahwa banyak orang sangat menakuti penyakit jantung koroner, karena bisa berujung pada serangan jantung di usia yang belum terlalu tua.

Apa Saja Penyebab dan Faktor Risiko Penyakit Jantung Koroner?

Ada beberapa penyebab penyakit jantung yang perlu kita ketahui, agar bisa menghindarinya sedari dini. Penyebab penyakit jantung koroner tersebut ialah sebagai berikut:

  • Obesitas

Obesitas menjadi salah satu faktor yang sangat menyebabkan terjadinya jantung koroner. Obesitas atau memiliki berat badan berlebihan memiliki risiko terjadinya berbagai macam penyakit kronis, terutama organ dalam. Seseorang yang kegemukan seringkali mudah capek, tidak bisa beraktivitas normal, dan susah gerak.

  • Diet yang Tidak Sehat

Diet seringkali dilakukan secara sembarangan oleh semua orang yang ingin menurunkan berat badannya. Banyak orang tidak percayadiri dengan bentuk tubuhnya sehingga melakukan berbagai cara untuk menurunkan berat badan secara instan. Padahal mengkonsumsi obat pelangsing, mengurangi makan dengan cara yang sembarangan dalam jangka panjang justru bisa mengakibatkan penyakit jantung koroner.

  • Merokok

Merokok merupakan salah satu penyebab berbagai macam penyakit kronis, termasuk jantung koroner. Kebiasaan merokok dapat menyebabkan seseorang sesak nafas, kanker paru-paru, dan berbagai macam penyakit lainnya.

  • Stress

Stress merupakan salah satu pemicu berbagai macam penyakit. Salah satunya juga mempengaruhi penyakit jantung. Stress bisa mengakibatkan seseorang merasa frustasi, lupa makan, dan lupa mengurus kesehatan. Sehingga timbul berbagai macam penyakit kronis.

  • Kolesterol

Kolesterol ialah lemak yang diproduksi oleh tubuh, tapi jika jumlahnya berlebihan hasilnya menjadi buruk bagi kesehatan. Kolesterol yang terlalu tinggi mengakibatkan berbagai macam penyakit, salah satunya ialah jantung koroner.

  • Tekanan Darah yang Tinggi

Tekanan darah yang terlalu tinggi akan membuat berbagai macam masalah termasuk masalah aliran darah yang menuju jantung menjadi terganggu. Tekanan darah yang terlalu tinggi akan mengakibatkan seseorang menjadi mudah lemas. Beberapa hal yang mengakibatkan naiknya tekanan darah tinggi ialah adanya genetik, alkohol, berat-badan, pola makanan, dan berbagai macam penyakit lain.

  • Diabetes

Diabetes merupakan risiko terbesar terjadi serangan jantung, stroke, dan angin. Seseorang yang mengidap diabetes tipe 2 bisa beresiko mengalami stroke dan serangan jantung. Serangan jantung juga banyak diakibatkan oleh adanya kebiasaan kurang gerak, makan makanan yang kurang sehat, serta kegemukan.

  • Kurangnya Aktivitas Fisik

Kurangnya aktivitas fisik sangat berpengaruh dalam penyakit jantung. Kurang aktivitas fisik ialah kurangnya olahraga, kurang gerak, dan terlalu banyak tidur. Ada baiknya perbanyak gerak seperti aktvitas fisik sehari-hari, olahraga ringan, dan kegiatan yang bermanfaat.

Demikian informasi mengenai penyebab dan faktor risiko penyakit jantung koroner. (MLS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY