Sejarah Rempah-rempah untuk Kesehatan

0
4
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bangsa Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan rempah-rempah sejak dahulu kala. Bahkan menurut sejarah, para penjajah datang ke Indonesia pertama kali karena ingin mengeksploitasi hasil rempah-rempah Indonesia.

Guna Rempah-Rempah untuk Kesehatan

Rempah-rempah merupakan bahan alami yang baik digunakan untuk kesehatan. Jika dilihat dari sisi sejarah, ada beberapa tahap sehingga membuat rempah-rempah bermanfaat untuk kesehatan.

  • Pelarangan dari Eropa Karena Bahaya Gas Etilen Oksida

Dahulu gas etilen oksida digunakan sebagai metode sterilisasi pendingin rempah-rempah. Gas etilen jika masuk ke dalam tubuh manusia bisa mengakibatkan racun. Kemudian ketika tahun 2003, Organisasi Kesehatan Dunia mengeluarkan 63 halaman Concise International Chemical Penilaian bahwa etilen oksida merupakan zat berbahaya. Karena menimbulkan genetik, neurologis, dan efek non-neoplastik yang lain. Mulai memasuki tahun 1991, Uni Eropa mulai melarang etilen oksida sebagai pendingin rempah-rempah.

Dari sini lah rempah-rempah mulai dikenal oleh masyarakat dunia. Sebab kasus mengenai penggunaan gas etilen oksida memang sudah tersebar ke seluruh penjuru dunia. Maka tidak heran jika ketenaran rempah-rempah untuk dimanfaatkan pun semakin meluas.

  • Pelarangan dari Jepang Karena Bahaya Metode Iradiasi

Iradiasi rempah-rempah merupakan metode efektif untuk mengurangi populasi mikrobiologi. Bakteri bisa dibunuh menggunakan X-ray. Komposisi rempah-rempah (nilai gizi) bisa memberikan dampak negatif bagi rempah-rempah. Dari sini, membuat banyak orang-orang tahu bahwa rempah-rempah mengandung esensial yang lebih rendah.

  • Sejarah Rempah-rempah di Indonesia

Di Indonesia sendiri, sejarah rempah-rempah untuk kesehatan sudah dijelaskan bahwa banyak manfaat dari rempah-rempah. Salah satunya ialah untuk menghangatkan tubuh. Perdagangan rempah-rempah di sangat berpatokan pada peradaban Asia, Afrika Timur, serta eropa.

Dahulu penjajah datang ke Indonesia karena ingin berjualan rempah-rempah. Tapi karena di Indonesia sudah terlalu banyak penjual rempah-rempah, maka penjajah pun ingin menguasai Indonesia.

Rempah-rempah di kenal baik sebagai kesehatan sejak dulu. Indonesia memiliki iklim tropis sehingga sangat cocok sebagai pertumbuhan rempah-rempah. Sejak dahulu, rempah-rempah banyak digunakan untuk membuat berbagai macam produk jamu. Fungsi rempah-rempah sangat beragam dan bermanfaat. Seperti misalnya kayu manis, sangat baik untuk mencegah berbagaimacam radikal bebas, meningkatkan proses metabolisme, dan menurunkan resiko penyakit diabetes. Kunyit sejak dahulu memiliki fungsi dalam memberikan warna kuning di setiap masakan Indonesia dan baik digunakan untuk memperkuat sistem imun. Jahe juga biasa digunakan untuk bumbu masakan dan berbagai macam minuman. Aromanya yang harum sangat baik untuk efek menenangkan. Fungsinya pun sangat baik untuk mematikan berbagai macam bibit kanker. Selain itu jahe juga sangat baik untuk mengobati masuk angina dan perut kembung.

Demikian informasi mengenai sejarah rempah-rempah untuk kesehatan. (MLS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY