Masalah Seksual pada Pria Usia Lanjut

0
4
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Usia lanjut adalah seseorang yang telah mencapai usia dari 60 tahun ke atas. Orang yang sudah berusia lanjut umumnya sudah mulai mengalami penurunan beberapa fungsi dari tubuhnya. Termasuk juga pada fungsi seksual.

Meskipun orang lanjut usia mengalami penurunan pada fungsi seksual, beberapa dari mereka masih melakukan aktivitas seksual seperti biasa yaitu berhubungan seksual dengan pasangannya. Hal tersebut dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan oleh Pfeiffer pada 261 lanjut usia pria dan 241 lanjut usia wanita di daerah Amerika Tenggara.

Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa 75 persen pria yang berusia 61 sampai 71 tahun masih melakukan hubungan seksual dengan frekuensi 1 kali sebulan atau lebih, 37 persen dari pria usia 61 sampai 65 tahun dan 28 persen kelompok usia 66 sampai 71 tahun lainnya masih melakukan hunbungan seks sekali dalam seminggu. Serta diungkapkan juga bahwa 61 persen dari populasi penelitian yaitu wanita usia 61 sampai 65 tahun dan 73 persen yang berusia 66 sampai 71 tahun tidak lagi melakukan hubungan seksual dengan pasanganya.

Walaupun mereka masih memiliki kemampuan untuk berhubungan seksual, sering kali mereka mengalami beberapa masalah seksual saat usia lanjut. Khususnya pada pria usia lanjut. Masalah seksual tersebut meliputi:

  1. Menurunya gairah seksual

Pada penurunan gairah seksual ada dua macam yaitu primer dan sekunder. Penurunan gairah seksual primer yaitu bila tidak ada dorongan seksual sejak semula. Sedangkan sekunder bila seorang pria lanjut usia mulai mengalami kehilangan dorongan seksual padahal sebelumnya normal. Hal tersebut terjadi karena faktor fisik dan faktor psikis seseorang.

  1. Disfungsi ereksi

Sebenarnya masalah disfungsi ereksi ini bisa dirasakan oleh pria muda ataupun usia lanjut. Disfungsi ereksi ini disebabkan oleh banyak hal seperti gangguan kardiovaskuler, kerusakan jaringan dan faktor fisiologis.

  1. Penurunan hormon testosteron

Masalah seksual lain pada pria usia lanjut yang cukup berat adalah penurunan kadar hormon testosteron. Penurunan testosteron ini dapat menyebabkan munculnya masalah seksual lainyya seperti lamanya ereksi, penurunan kekuatan ejakulasi dan penurunan gairah seksual.

  1. Kondisi kesehatan anda

Ada beberapa penyakit yang jika diderita oleh pria usia lanjut maka akan memunculkan masalah seksual. Penyakit tersebut meliputi diabetes, artitris, nyeri pingang dan herpes zoster. Oleh karena itu jaga kesehatan agar terhindar dari penyakit-penyakit tersebut sehingga seksual anda pun sehat. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY