Kenali Tanda dan Gejala Penyakit Sirosis Hati atau Hati Kronis

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sirosis hati adalah salah satu penyakit hati kronis yang mengakibatkan rusaknya sel-sel di dalam hati dan juga di dalam jaringan ikat. Sehingga tidak heran jika penyakit sirosis hati disebut dengan penyakit kerusakan hati. Tanda dan gejala penyakit sirosis hati patut diwaspadai dan tidak boleh disepelekan. Banyak orang tidak sadar jika dirinya akan terkena penyakit sirosis hati. Sirosis hati baru dapat terdeteksi ketika sudah memasuki tahap kronis. Banyak yang tidak tahu tanda dan gejala penyakit ini, sehingga tahu-tahu sudah menjadi sirosis kronis.

Dalam tahap awal penyakit sirosis hati tidak menimbulkan tanda atau gejala apapun, sehingga orang yang mengalami sirosis ringan tidak sadar kalau dirinya terkena sirosis. Dibutuhkan waktu yang cukup lama dari sirosis ringan untuk menjadi sirosis kronis. Saat sirosis masih dalam kategori ringan, hati sudah mengalami disfungsi. Berikut ini berbagai macam tanda dan gejala dari sirosis hati:

Kulit Tubuh Berwarna Kuning

Salah satu tanda dan gejala sirosis hati yang mudah diketahui adalah kulit tubuh berubah menjadi kuning. Kulit yang berubah warna menjadi kuning tersebut sama dengan gejala penyakit kuning. Penyebab kulit penderita sirosis hati menjadi kuning adalah sebagai berikut ini:

  • Hati yang sehat dan normal bisa menghasilkan bilirubin di dalam tubuh.
  • Pasien sirosis hati akan kehilangan fungsi hatinya.
  • Dampaknya adalah pasien sirosis akan memiliki penumpukan blirubin di dalam aliran darah, sehingga membuat kulit tubuh berubah warna menjadi kuning.

Memar

Tubuh penderita sirosis hati muda memar. Jika anda menengok pasien penderita sirosis hati maka akan mudah menemukan kulit yang berwarna biru lebam pada bagian-bagian tubuhnya. Hal ini disebaban oleh gagalnya fungsi hati untuk membeukan darah ketika terjadi pendarahan pada tubuh.

Merasakan Nyeri Perut

Nyeri perut juga menjadi salah satu tanda atau gejala dari penyakit sirosis hati. Penyebabnya adalah cairan di dalam perut menumpuk yang menyebabkan kurang dan terhambatnya aliran darah ke seluruh tubuh sehingga perut akan terasa nyeri yang hebat.

Mual

Mual adalah salah satu tanda sirosis hati. Hal itu dikarenakan nyeri perut akibat cairan yang menumpuk di perut bisa membuat kantung empedu tertekan. Kantung empedu yang tertekan dapat mengakibatkan seseorang merasa mual.

Tidak Nafsu Makan

Salah satu tanda seseorang menderita sirosis hati adalah kurangnya nafsu makan dan kehilangan nafsu makan. Hal ini dikarenaan saat menelan makanan dan meminum sesuatu, penderita sirosis hati akan merasakan nyeri di ulu hatinya. Sehingga untuk menghindari rasa sakit di ulu hati tersebut, penderita sirosis hati memilih untuk tidak makan.

Pendarahan

Penyait sirosis hati dapat menyebabkan pendarahan, terutama pada bagian perut. Penyebabnya adalah virus hepatitis yang telah menyebabkan kerusakan serta gangguan di bagian saluran pencernaan esophagus. Parahnya kerusakan sistem pencernaan yang terjadi di dalam perut bisa menyebabkan pendarahan di bagian perut.

Muntah Darah

Penderita sirosis hati bisa mengalami muntah darah berupa darah merah segar bersamaan dengan gumpalan-gumpalan darah merah. Hal itu disebabkan oleh pendarahan dan gangguan pencernaan di dalam perut yang dialami oleh penderita sirosis hati. Muntah darah tersebut juga merupakan hasil dari kandungan asam pada darah.

Hilang Kesadaran

Salah satu hal yang menjadi tanda atau gejala sirosis pada hati adalah sering mengalami hilang kesadaran atau pingsan. Hal ini disebabkan tekanan darah yang akan menurun drastis. Karena penderita sirosis hati juga memiliki tekanan darah rendah, sehingga menyebabkan penderita sirosis hati akan mudah hilang kesadaran atau pingsan. (AGT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here