Komplikasi Penyakit Batu Kandung Kemih

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Batu kandung kemih adalah penyakit atau gangguan dimana ada massa keras di saluran perkemihan khususnya di kandung kemih. Massa tersebut terbentuk dari endapan mineral pada kandung kemih. Terbentuknya massa keras tersebut akan membuat seseorang sulit berkemih, merasa nyeri dan bahkan juga ada yang tidak memunculkan gejala-gejala tersebut.

Populasi terbanyak atau tersering yang terkena batu kandung kemih adalah pria. Pria cenderung lebih banyak terkena kandung kemih apalagi yang pernah mengalami pembesaran prostat. Biasanya batu kandung kemih muncul pada usia pria 30-50 tahun ke atas. Jika sebelumnya pernah sembuh dari batu kandung kemih ini, namun kapan saja bisa kambuh lagi jadi anda perlu berhati-hati.

Batu kandung kemih jika menyerang anda dan tidak segera diobati maka dapat memperparah keadaan kandung kemih anda akibat adanya massa keras di bagian kandung kemih. Dengan itu dapat memunculkan beberapa komplikasi yang lebih parah, meliputi:

  1. Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih merupakan terjadinya infeksi bakteri yang mengenai bagian dari saluran kemih. Infeksi saluran kemih ada dua macam yaitu sistitis jika yang terinfeksi bakteri adalah saluran kemih bagian bawah. Sedangkan infeksi saluran kemih atas disebut pielonefritis. Orang dengan batu kandung kemih juga dapat menderita infeksi saluran kemih.

  1. Batu ginjal

Batu ginjal merupakan komplikasi yang paling umum dialami orang dengan batu kandung kemih. Komplikasi ini terjadi karena massa keras tersebut menghalangi urin yang mengalir dari ginjal melalui kandung kemih. Pembokliran tersebut dapat berbahaya hingga menyebabkan refluks ginjal.

  1. Kanker kandung kemih

Meski jarang terdengar, ternyata ada juga kanker kandung kemih yang dapat terbentuk akibat komplikasi dari batu kandung kemih. Hal itu terjadi karena berhubungan dengan iritasi konstan yang disebabkan oleh kateter atau ISK.

  1. Gagal ginjal

Gagal ginjal bisa dikatakan komplikasi parah dari batu kandung kemih. Sebab gagal ginjal bisa terjadi jika ginjal telah mengalami refluks, infeksi saluran kemih dan batu ginjal. Gagal ginjal merupakan keadaan dimana ginjal tidak bisa untuk menyaring darah dan membuat serta mengeluarkan urin.

  1. Destrusor sfingter dyssnergia

Destrusor sfingter dyssnergia adalah kejadian dimana ada kurangnya koordinasi antara otot dinding kandung kemih anda dan sfigter uretra bagian eksternal.

  1. Trabeculation

Ini merupakan kondisi di mana dinding kandung kemih menjadi menebal. Penebalan ini bisa terjadi karena kandung kemih yang bekerja keras untuk mengeluarkan urin atau bisa juga karena hilangnya elastisitas kandung kemih. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here