Penyebab Kanker Leher Rahim atau Serviks

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kanker merupakan suatu ganguan atau penyakit yang terjadi karena adanya pertumbuhan sel yang abnormal pada tubuh. Kanker memiliki banyak jenis sesuai dimana sel tersebut mengalami pertumbuhan yang abnormal. Salah satunya yaitu kanker leher rahim atau kanker serviks.

Kanker leher rahim termasuk penyakit yang ditakuti oleh wanita karena dapat mengancam nyawa seperti hanya penyakit kanker payudara. Kanker leher rahim ini tumbuh di bagian eher rahim yang merupakan penghubung antara rahim atau uterus dengan vagina pada sistem reproduksi.

Terbentuknya kanker leher rahim pada wanita dapat disebabkan oleh beberapa hal. Penyebab kanker leher rahim meliputi:

  1. Infeksi virus HPV

HPV atau Human Papillomavirus merupakan kumpulan dari berbagai virus atau bukan virus tunggal yang terdiri dari lebih 100 jenis virus. HPV terkenal sebagai penyebab utama terjadinya kanker leher rahim. Dari banyaknya jenis HPV ada beberapa jenis yang umumnya menyebabkan kanker serviks yaitu HPV 16, HPV 18, HPV 31, HPV 33 dan HPV 45.

  1. Memiliki banyak pasangan seksual

Tidak hanya penyakit HIV AIDS saja, kanker leher rahim juga bisa disebabkan karena banyak memiliki pasangan seksual atau sering berganti pasangan seksual. Dengan banyaknya pasangan seksual akan memungkinkan anda saling menularkan virus HPV penyebab kanker leher rahim.

  1. Kebiasaan merokok

Bagi wanita yang memiliki kebiasaan merokok perlu hati-hati karena memiliki risiko dua kali lipat untuk terkena kanker serviks dibandingkan dengan wanita yang tidak merokok.

  1. Sistem imunitas yang rendah

Menjaga kesehatan tubuh anda itu sangat penting sehingga sistem imunitas selalu baik. Karena sistem imunitas yang rendah akan mempermudah virus HPV untuk menginveksi anda.

  1. Hubungan seks usia dini

Hubungan seks usia dini yaitu di bawah umur 17 tahun akan memberikan risiko dua kali lipat seorang wanita untuk terkena kanker serviks karena pada saat itu sel belum tumbuh sempurna.

  1. Pil KB

Pengunaan kontrasepsi pil KB juga dapat menyebabkan wanita terkena kanker serviks. Namun, anda jangan khawatir karena penggunaan pil KB yang berisiko kanker serviks itu jika dikonsumsi dalam jangka panjang seperti lebih dari 5 tahun.

  1. Riwayat keluarga

Risiko akan meningkat jika di dalam keluarga anda sebelumnya ada yang mengalami kanker serviks, sebagai contoh ibu atau saudara perempuan anda. Hal itu terjadi karena di dalam keluarga memiliki sistem imun yang sama serta faktor terinfeksi yang sama.

  1. Kurangnya pengetahuan tentang kanker serviks

Kurangnya pengetahuan penyebab kanker leher rahim ini lebih terfokus pada kurang tahunya masyarakat terhadap pencegahan dan cara deteksi dini kanker serviks. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here