Lakukan Hal Berikut Agar Anak tidak Stres saat Ujian

0
5
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menjelang ujian sekolah, anak menjadi disibukkan dengan berbagai kegiatan yang menunjang ujian tersebut seperti try out, jam tambahan, les mata pelajaran dan lain sebagainya. Hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan hasil ujian yang memuaskan dan sesuai harapan. Memang ujian menjadi salah satu kewajiban siswa yang harus dituntaskan sebelum menuju jenjang selanjutnya. Ujian menjadi salah satu momen penting dalam pendidikan anak. Oleh karena itu seringkali menjelang ujian anak menjadi terlihat gugup bahkan stres.

Faktor stres tersebut bisa terjadi karena anak merasa memiliki beban yang cukup berat untuk lulus ujian. Hal lain yang bisa menyebabkan anak stres saat menghadapi ujian adalah karena kurang menguasai materi pelajaran. Rasa gugup menjelang ujian memang wajar terjadi, namun apabila berlanjut dan anak terlihat tertekan akan berdampak kurang baik bagi kesehatan anak. Bahkan yang sangat dihindari adalah anak sakit saat ujian dimulai. Akibatnya mungkin saja anak harus menunda ujiannya.

Sebagai orang tua, tentu Anda tak ingin hal tersebut terjadi. Walaupun menginginkan hasil terbaik pada ujian anak Anda, tetap saja kesehatan anak adalah yang utama. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini untuk menghindari anak stres saat ujian:

  1. Mempersiapkan waktu belajar

Banyak anak mengalami stres saat menjelang ujian karena anak tersebut mempelajari materi hanya beberapa waktu sebelum ujian. Waktu belajar yang sempit membuat belajar anak kurang maksimal. Cara seperti itu juga membuat anak kurang bisa memahami materi lebih dalam.

Oleh karena itu, orang tua perlu membimbing dan mengingatkan anak untuk belajar jauh hari sebelum ujian dengan membuat jadwal belajar sendiri. Berilah waktu lebih untuk pelajaran yang kurang dikuasai. Jika belajar jauh hari, anak masih sempat untuk bertanya kepada guru atau mungkin meminta jam tambahan untuk mempelajari materi yang belum dimengerti. Cara tersebut lebih efektif dibanding dengan belajar mendadak sebelum ujian.

  1. Istirahat yang cukup

Kurang istirahat tidak baik bagi kesehatan anak. Dengan waktu tidur yang kurang akan membuat otak tidak dapat berfungsi secara optimal. Hal itu hanya akan membuat proses belajarnya terganggu. Itu juga berlaku selama ujian, jangan paksa anak untuk belajar hingga larut malam karena hal itu kurang efektif.

  1. Berikan makanan yang bergizi

Anak membutuhkan makanan yang bergizi untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima selama ujian. Makanan yang bergizi juga akan mengoptimalkan fungsi otak yang akan membuat anak lebih mudah memahami materi pelajaran.

  1. Berikan dukungan pada anak

Saat seperti ini, anak sangat membutuhkan dukungan dari Anda sebagai orang tua. Hal yang penting untuk diingat adalah jangan memaksakan anak untuk mendapatkan nilai tertinggi atau di luar kemampuannya. Anda dapat melihat bahwa anak Anda telah berusaha keras untuk mendapatkan yang terbaik.

Jika Anda telah melakukan hal- hal di atas, diharapkan anak menjadi lebih tenang dan siap dalam menghadapi ujian. Manfaat lain yang bisa Anda peroleh adalah akan terjalin hubungan kedekatan dengan anak. (AYK)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY