Kunyit Mampu Menurunkan Kadar Gula Dalam Darah

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kunyit dikenal sebagai bumbu dapur yang memiliki cita rasa dan warna khas. Selain sebagai bumbu dapur kunyit juga sering digunakan sebagai bahan minuman tradisional seperti jamu. Tidak hanya digunakan sebagai bumbu khas, kunyit juga dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan. Salah satunya untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Seperti yang telah diketahui, diabetes adalah penyakit yang menyebabkan ketidakseimbangan kadar gula darah atau sering artian  dalam kadar gula yang tinggi. Beberapa orang biasanya akan menghindari makanan dan minuman yang dapat meningkatkan kenaikan gula dalam darah. Oleh karea itu mengonsumsi bahan alami juga diperlukan, salah satunya dengan konsumsi kunyit.

Kunyit dapat menjadi obat diabetes alami yang sangat mudah ditemukan. Kunyit dapat dianggap bisa meningkatkan kualitas hidup penderita dengan cara membantu mengendalikan kadar gula dalam darah. Berikut ini manfaat yang dapat diperoleh dari mengonsumsi kunyit.

Kadar insulin dalam tubuh menjadi stabil

Kadar gula darah dalam tubuh pada penderita diabetes biasanya meningkat karena adanya masalah pada pankreas yang tidak dapat mengontrol produksi insulin. Kandungan anti glikemik dalam kunyit dapat membantu mempertahankan fungsi pankreas agar dapat mengatur produksi insulin. Selain itu, antiglikemik juga dapat mencegah perkembangan resistensi insulin dalam tubuh dan menurunkan gula darah.

Meningkatkan kesehatan dan kekebalan tubuh

Selain dapat menurunkan kadar gula dalam darah, kunyit juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan antioksidan, antimikroba, anti inflamasi dan anti glikemik yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan maupun memperbaiki kekebalan tubuh. Kandungan fitronutrien dalam kunyit juga dapat menjada kebugaran dalam tubuh.

Mencegah infeksi dan radang

Kandungan antivirus, antibiotik dan antibakteri dapat mengatasi dan mencegah terjadinya infeksi. Manfaat ini juga memiliki peran penting bbagi penderita diabetes karena agar tidak mudah terkena luka atau tidak terjadi infeksi jika terkena luka. Selain itu kunit juga akan menyembuhkan penyakit metabolik dan inflamasi terutama bagi penderita diabetes.

Mengatasi masalah akibat lemak tubuh

Orang dengan berat badan berlebih memiliki potensi yang lebih besar untuk terkena diabetes. Kunyit mengandung kurkumin yang dapat membantu mengontrol kadar trigliserida dan kolesterol dalam tubuh. Kurkumin juga dapat menyeimbangkan kadar gula dan glukosa yang ada dalam tubuh, memperbaiki sistem pencernaan, dan mencegah terjadinya penumpukan lemak berbahaya dalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat dengan mengonsumsi bahan alami seperti kunyit yang dapat membantu penderita diabetes untuk mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here