Kurang Vitamin D Sebabkan Wanita Mudah Marah saat PMS

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setiap wanita tentu akan mengalami menstruasi, ini merupakan siklus alami yang terjadi pada tubuh wanita saat beranjak dewasa. Pada umunya siklus ini akan muncul sekitar 4 minggu sekali, dimulai sejak hari pertama haid dimulai hingga hari jadwa menstruasi berikutnya datang.

Kendati demikian, tidak semua wanita mengalami siklus haid atau menstruasi yang sama. Terkadang siklus ini bisa datang lebih cepat atau lambat dari wanita lain, dengan perbedaan berkisar antara 21 hingga 35 hari.

Hormon estrogen di tubuh wanita akan meningkat setiap siklus menstruasi tiba, hal ini untuk bersiap menghadapi kemungkinan terjadinya kehamilan. Masa ovulasi atau pelepasan sel telur dari ovarium akan terjadi dan dinding rahim akan menebal.

Apabila sel telur yang terlepas tak dibuahi, maka sel telur akan diserap tubuh. Kemudian dinding rahim yang menebal akan luruh, mengalir keluar dari tubuh bercampur dengan darah. Proses keluarnya darah dari vagina inilah yang disebut haid atau datang bulan.

Pada saat siklus ini dibutuhkan tubuh yang sehat. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat bisa anda dapatkan dari asupan vitamin dan mineral yang cukup. Salah satu vitamin yang diperlukan saat wanita mengalami siklus haid adalah terpenuhinya vitamin D dalam tubuh. Vitamin D merupakan nutrisi baik yang dibutuhkan oleh tubuh manusia dan berguna untuk pembentukan hormon di dalam tubuh manusia.

Sayangnya, dari beberapa penelitian di seluruh dunia, hingga saat ini diperkirakan 1 milyar orang masih rendah akan asupan vitamin D dan menyepelekan kegunaan dari vitamin D ini. Perlu diketahui, vitamin mempunyai peranan sangat penting bagi wanita.

Ketika tubuh kurang vitamin D, Anda akan rentan mengalami depresi, obesitas, sakit punggung, osteoporosis, multiple sclerosis, sindrom pramenstruasi, dll. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan seorang wanita mudah tersulut emosinya dan marah-marah menjelang siklus menstruasi.

Vitamin ini bisa didapatkan dari makanan-makanan hewani seperti produk susu, ikan laut dalam, daging, kuning telur, hati sapi, dan lain sebagainya. Kamu juga disarankan untuk sering berjemur di pagi hari untuk mendapatkan sinar matahari yang merupakan sumber vitamin D alami.

Anda dapat mendapatkan asupan vitamin D dengan cara mengkonsumsi makanan seperti, sereal gandum, tahu, telur dan minum susu yang diperkaya dengan vitamin D.

Saat menstruasi seorang wanita dapat dengan mudah berubah mood, hal ini tergantung dari kondisi masing-masing individu. Perubahan ini memang tak perlu dicemaskan, sebab belum tentu mengindikasikan masalah kesehatan. Namun, kendati demikian, Anda tetap dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter apabila mengalami kondisi gangguan berlebihan pada saat siklus menstruasi. (AGT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here