Latihan Otot Biseps dan Triseps Bisa Dilakukan di Rumah

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tidak sedikit pria yang datang ke gym untuk membentuk otot biseps dan triseps agar lengan mereka lebih kekar. Membentuk otot biseps dan triseps itu ternyata penting dan akan sangat membantu dalam melakukan aktivitas sehari-hari, seperti ketika membawa barang dan mengemudi. Untuk membentuk otot biseps dan triseps, ada beberapa latihan untuk membentuk biseps dan triseps yang bisa Anda lakukan di rumah jika Anda tidak sempat ke gym, diantaranya:

Latihan biseps

  • Chin up. Terkonsentrasi pada kelompok otot besar, chin up tak hanya dapat melatih biseps, tapi juga seluruh otot tangan, punggung, dan bahu. Untuk melakukannya, Anda harus memasang pull up bar terlebih di dahulu. Pegang bar dengan kedua tangan. Jarak antara kedua tangan harus selebar bahu. Dalam posisi menggantung, angkat seluruh tubuh sampai dagu atau leher bagian atas setinggi bar, lalu turunkan perlahan. Latihan ini dapat dilakukan 3 set untuk 10-12 repetisi.
  • Inverted rows. Posisikan tongkat atau barbel setinggi pinggang. Posisikan tubuh di bawahnya dan raih tongkat dengan telapak tangan. Jarak antar kedua tangan harus sedikit lebih lebar dari bahu. Tarik tubuh ke atas hingga dada menyentuh tongkat dan jaga posisi tubuh tetap membentuk garis lurus. Pastikan pula untuk mengencangkan punggung dan abs. Turunkan tubuh secara perlahan, kemudian ulangi. Latihan ini dapat dilakukan 3 set untuk 12-14 repetisi.
  • Band curl. Latihan ini menggunakan alat bantu berupa resistance band. Pegang kedua ujung band dan tempatkan bagian tengah band di bawah kaki. Tarik ujung band dengan menekuk siku sambil mengangkat tangan ke bahu. Cobalah untuk menekan otot biseps lebih kuat. Lakukan latihan ini 3 set untuk 10-12 repetisi.

Latihan triseps

  • Diamond push-up. Untuk melakukan diamond push-up, posisikan tubuh seperti ketika akan melakukan push-up biasa. Tempatkan ibu jari dan jari telunjuk berdekatan membuat bentuk berlian dengan posisi tangan lurus tepat di bawah dada. Turunkan tubuh untuk membuat sudut di siku dan angkat kembali. Ulangi latihan ini 3 set untuk 8-10 repetisi.
  • Bench dip. Untuk melakukan bench dip, susun dua bangku atau kursi. Kemudian, letakkan kaki di atas satu bangku dan tangan ke bangku yang Pegang tepian bangku dengan kedua tangan. Jarak antara kedua tangan harus sedikit lebih lebar dari pinggul. Turunkan tubuh membuat sudut 90 derajat di siku, kemudian angkat tubuh dengan posisi lengan lurus. Ulangi latihan ini 3 set untuk 10-12 repetisi.
  • Triceps extension. Pada permukaan, letakkan kedua tangan secara terpisah sekitar 6 inci. Luruskan punggung dan abs. Turunkan tubuh dengan menekuk siku. Bagian tubuh yang bergerak dalam latihan ini hanyalah siku. Kemudian, angkat tubuh dengan cara yang sama seperti ketika turun. Ulangi latihan 3 set untuk 8-10 repetisi. (RFZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here