Lima Saat Penting Untuk Cuci Tangan

SehatFresh.com – Tidak banyak orang yang memperdulikan pentingnya cuci tangan. Masih ditemukan banyak orang yang langsung mengonsumsi makanan tanpa cuci tangan terlebih dahulu tanpa memperdulikan kondisi tangannya. Padahal, kuman dapat menyebar melalui sentuhan dengan tangan yang kotor, makanan dan air yang terkontaminasi, batuk dan bersin, permukaan kotor, dan kontak dengan cairan yang berasal dari orang yang sedang sakit. Terlebih, anak-anak lebih rentan terinfeksi oleh kuman dan bakteri penyakit. Oleh karenanya, salah satu cara pencegahan paling awal dan sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan cuci tangan menggunakan sabun.

Mencuci tangan menggunakan sabun di bawah air yang mengalir dapat mencegah diare. Diare telah banyak menyumbang angka kasus kematian pada anak-anak usia balita. Menurut hasil temuan World Health Organization, sekitar 760 ribu anak balita meninggal akibat diare. Cuci tangan dapat menekan angka kematian akibat diare hingga 47%. Ini membuktikan bahwa kondisi tangan yang bersih berpengaruh pada kualitas hidup dan kesehatan Anda.

Meskipun terlihat sangat mudah, namun hal ini justru sering diabaikan. Padahal, kebiasaan sederhana ini bisa memberikan dampak yang luar biasa bagi kesehatan. Sangat dianjurkan untuk tidak mengabaikan cuci tangan pada lima waktu penting ini :

  1. Sebelum makan

Sebelum makan merupakan waktu yang tepat untuk mencuci tangan menggunakan sabun, tidak hanya air. Kita tidak akan pernah tahu kondisi kebersihan tangan kita. Pasalnya, setiap hari kita menggunakan tangan untuk menyentuh sesuatu seperti gagang pintu, keran air dan sebagainya.

  1. Sehabis BAK dan BAB

Tidak sedikit orang mengabaikan pentingnya cuci tangan setelah buang air kecil dan besar. Padahal, banyak sekali penyakit yang mengancam bila Anda tidak mencuci tangan setelah menggunakan kamar mandi. Penularan penyakit fecal-oral (kotoran ke mulut) terjadi ketika orang yang terinfeksi tidak mencuci tangan dengan baik, yaitu dengan menggunakan sabun dan air, yang kemudian langsung menyentuh makanan.

  1. Sebelum menyusui

Khusus untuk ibu menyusui, dianjurkan untuk cuci tangan terlebih dahulu sebelum menyusui bayinya. Ketika menyusui, akan ada sentuhan antara tangan dengan bayi. Daya tahan tubuh bayi tidak sekuat orang dewasa sehingga lebih rentan terhadap serangan kuman dan bakteri.

  1. Sebelum menyiapkan makanan

Sebelum menyiapkan makanan untuk keluarga, sangat dianjurkan untuk mencuci tangan dengan sabun terlebih dahulu. Kegiatan menyiapkan makanan ini tidak hanya pada proses menyiapkan makanan di meja makan saja. Tahap awal memasak juga harus diawali dengan cuci tangan terlebih dahulu.

  1. Setelah bersentuhan dengan hewan

Bagi pencinta binatang atau yang memiliki hewan peliharan, jangan lupa untuk selalu mencuci tangan setelah beraktivitas dengan hewan Anda. Meski kesehatan dan kebersihan hewan peliharaan sudah terjaga, mencuci tangan tetap menjadi hal penting sebelum melakukan kegiatan lain dalam rangka mencegah penularan penyakit.

Sumber gambar : www.immppg.org

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY