Macam-Macam Permainan yang Dapat Membuat Anak Lebih Aktif

0
10
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Memiliki buah hati yang aktif dan periang adalah idaman semua orang tua. Alangkah senangnya jika anak mampu beradaptasi dengan lingkungan sosialnya. Anak terlihat pintar dan baik kepada semua orang. Sayangnya, tidak semua anak memiliki tumbuh kembang yang sama. Ada yang mungkin malu saat berada di lingkungan banyak orang sehingga terlihat pasif dan nampak lambat pertumbuhan dan perkembangannya. Tentu hal itu tidak diinginkan oleh anda sebagai orang tua.

Anak dengan tipe pendiam dan tidak aktif sebenarnya bisa dirubah dengan diberi terapi rangsangan langsung oleh orang tuanya. Anda bisa saja memberi stimulasi kepada anak dengan permainan. Banyak sekali macam-macam permainan yang dapat anda gunakan agar anak menjadi lebih aktif. Permainan tersebut yaitu:

  1. Bermain bola

Bermain bola bisa terlihat menyenangkan bagi anak anda. Ajak anak keluar rumah dan sebisa mungkin ajak dia bermain bola dengan anak yang lain. Permainan bisa dilakukan dengan lempar tangkap bola bersama teman sebaya anak anda. Dengan permainan tersebut akan membuat anak anda ceria atau bahkan berani berbicara dengan temannya dan lebih aktif. Jika anak masih malu melakukan dengan temannya, mungkin bisa diawali bermain bola dengan anda terlebih dahulu.

  1. Menikmati ayunan

Saat bermain di taman, membiarkan anak main prosotan atau ayunan merupakan permainan yang cukup efektif bagi anak yang pasif. Dengan bermain prosotan atau ayunan akan membuat anak tertawa dan berteriak. Hal itu dapat merangsang atau meningkatkan gairah anak yang cenderung pendiam untuk menjadi aktif.

  1. Berikan boneka

Jika anak anda perempuan, anda bisa memberikan boneka agar ia bermain dengan boneka tersebut. Anak-anak yang sudah bisa berbicara cenderung menyukai boneka. Oleh karena itu akan memancing mereka untuk berbicara dengan boneka tersebut. Apabila anak anda laki-laki, maka anda bisa menganti boneka dengan mainan robot atau semacamnya.

  1. Bermain lego

Permainan lain yang bisa anda coba dengan anak adalah bermain lego. Belilah lego dan coba bermain dengan anak. Bermain lego akan meningkatkan imajinasi anak karena bermain lego akan membuat anak berfikir membuat seperti mobil-mobilan atau rumah. Saat menata lego tersebut anak juga akan meceritakannya kepada anda.

  1. Menggambar

Jika anak ingin permainan yang tenang namun tetap meningkatkan keaktifannya. Anda bisa mengajak anak untuk menggambar. Ajari anak menggambar seperti pemandangan dan perintahkan anak untuk menceritakan apa yang dia gambar sebelumnya. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY