Penyebab dan Pengobatan Penderita Psikosomatis

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sejauh ini kita mengetahui bahwa terjadinya penyakit pada tubuh karena adanya masalah pada organ tertentu seperti terjadi kerusakan atau terkena serangan virus. Contohnya pada orang yang mempunyai penyakit ginjal ditandai dengan penurunan fungsi ginjal dalam melaksanakan tugasnya dan lain sebagainnya.

Namun tanpa kita sadari atau anda belum mengetahui, bahwa ada penyakit yang sebenarnya kondisi tubuh kita dalam keadaan baik-baik saja, tapi banyak sekali keluhan yang muncul dan kita rasakan. Salah satu penyakit tersebut adalah penyakit pesikosomatis.

Pesikosomatis adalah penyakit yang membuat penderitanya merasakan keluhan namun secara medis fisik anda tidak memiliki penyakit atau dalam keadaan yang normal dan sehat. Oleh karena itu, seringkali pasien pesikosomatis kurang menerima dengan hasil yang dokter berikan, sehingga terus menerus memeriksakan dirinya sampai menerima bahwa hal tersebut adalah penyakit pesikosomatis.

Penyebab

Pesikosomatis ini berasal dari masalah psikologis penderitannya sehingga terkadang dokter atau tenaga medis lainnya kesulitan dalam menentukan diagnosis karena yang dirasakan oleh penderita hanya keluhan-keluhan namun fisik dalam kondisi yang sehat.

Untuk penyebab pasti mekanisme terjadinya gangguan psikologis pesikosomatis ini belum diketahui secara pasti, namun diduga disebabkan oleh peningkatan aktivitas listrik dari otak ke seluruh bagian tubuh. Oleh karena itu, saat pemeriksaan pasien pesikosomatis perlu ditanyakan faktor-faktor lain seperti faktor sosial ekonomi, faktor kesehatan, faktor psikologik dan lain sebagainya. Karena ada kemungkinan faktor-faktor tersebut adalah penyebab dari penyakit yang di derita oleh pasien pesikosomatis.

Pengobatan

Untuk pengobatan pada pasien pesikosomatis, sebaiknya sebelum memberikan obat-obatan atau metode pengobatan lainnya, pastikan bahwa pemeriksaan yang telah dilakukan sebelumnya seperti hasil pemeriksaan penunjang mengatakan bahwa kondisi fisik pasien atau anda dalam keadaan baik-baik saja atau normal. Sehingga dapat dipastikan bahwa yang dirasakan pasien benar-benar faktor kejiwaan atau psikologis.

Setelah itu, dokter atau tenaga kesehatan akan memberikan penanganan atau pengobatan seperti berikut ini:

  • Dokter dengan spesialis kejiwaan akan memberikan obat pada pasien pesikosomatis meliputi obat anti-depresi, anti-anxietas.
  • Pesikosomatis juga bisa ditangani dengan layanan konseling kepada ahli psikolog
  • Beberapa olahraga juga dapat menangani masalah pesikosomatis seperti olahraga yoga atau melakukan meditasi untuk mengatasi stress yang anda rasakan.
  • Melakukan hal yang dapat membuat anda melupakan keluhan-keluhan akibat pesikosomatis juga bisa menjadi alternatif pengobatan pesikosomatis. Anda bisa melakukan hobi atau aktivitas menyenangkan lainnya.
  • Mencoba metode pengobatan lain seperti akupuntur, hipnotis dan psikoterapi. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here