Macam-Macam Popok Bayi

0
5
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Saat anak dilahirkan ke dunia maka dimulailah anda sebagai ibu untuk merawatnya hingga tumbuh dewasa. Untuk merawat anak memang membutuhkan berbagai peralatan atau kebutuhan yang tidak sedikit.

Apalagi jika anda baru pertama kali memiliki anak. Banyak hal yang harus disiapkan dibandingkan orang lain yang sudah memiliki anak ke dua atau ke tiga. Mereka bisa menggunakan barang yang telah di beli sewaktu melahirkan anak pertamanya.

Selain mencukupi kebutuhan nutrisi anak. Dalam merawat anak anda juga harus mencukupi kebutuhan pakaian atau sandang sehingga tubuh anak akan terlindungi baik dari cedera kecil ataupun cedera besar.

Kebutuhan sandang yang cukup penting bagi bayi adalah popok. Popok berguna melindungi organ intim bayi dan sekaligus menampung air pipisnya jika popok tersebut merupakan jenis popok yang mampu menampung air kencing sang bayi.

Berbicara tentang popok bayi, berdasarkan jenis atau macamnya popok jenis terbagi menjadi :

  1. Popok Diaper

Jika anda sering memakaikan popok kepada anak dari popok yang di beli di warung terdekat atau supermarket yang terbungkus dalam kemasan kecil atau besar maka itu biasa disebut dengan popok diaper. Popok diaper ini lebih banyak dipilih oleh ibu-ibu pada jaman sekarang karena dianggap popok diaper ini lebih praktis dibandingkan jenis popok bayi yang lainnya. Penggunaan popok diaper tidak memerlukan proses pencucian dan penjemuran yang cukup lama. Karena popok diaper ini bersifat sekali pakai. Namun popok diaper ini memiliki kelemahan dapat menimbulkan masalah ruam kulit pada pantat bayi dikarenakan kelembapannya. Selain itu, limbah dari popok diaper ini masih menjadi pekerjaan rumah dikarenakan pengolahan daur ulang yang sulit.

  1. Popok kain

Popok kain memang memiliki kelemahan harus melalui proses pencucian dan penjemuran jika ingin digunakan lagi. Sert bersifat jaman dahulu. Tetapi dengan popok kain tidak akan menimbulkan efek ruam kulit pada pantat bayi dikarenakan kain ini akan cepat kering setelah bayi buang air kecil. Selain itu, popok kain lebih hemat karena dapat digunakan berulang kali dengan tetap menjaga kebersihan dan kesehatan bayi. Agar kebersihan dan kesehatan bayi terjaga, sebaiknya anda segera menggantikan popok setelah anak BAK atau BAB. Popok kain ini juga tidak mengotori lingkungan.

  1. Cloth diaper atau Clodi

Popok ini muncul untuk memecahkan munculnya ruam kulit pada pantat karena penggunaan popok. Clodi ini memiliki system yang sama seperti diaper yang mudah dipakai seperti celana dan bisa meresap banyak air kencing, namun bahannya sangat aman karena terbuat dari kain dengan serat yang halus sehingga tidak akan membuat kulit bayi menjadi ruam. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY