Macam-Macam Sakit Kepala

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya sakit kepala. Sakit kepala merupakan akibat dari gangguan pada struktur-struktur sensitif yang sensitif terhadap nyeri di daerah kepala dan leher, yaitu kulit kepala, jaringan bawah lemak kepala, otot-otot kepala dan leher, pembuluh darah, mata, telinga, gigi, sinus, tenggorokan bagian atas, serta saraf–saraf di kepala. Sebagian besar kasus sakit kepala tidak disebabkan oleh penyakit berbahaya dan tidak merusak otak. Penyebab sakit kepala sangat bervariasi, maka dari itu diperlukan pemeriksaan yang lengkap agar diagnosisnya akurat dan penangangannya efektif.

Sakit kepala primer
Sakit kepala primer adalah sakit kepala yang disebabkan oleh gangguan pada struktur di kepala yang sensitif terhadap rasa sakit dan bukan merupakan gejala akibat penyakit lain. 90 % sakit kepala termasuk dalam golongan primer. Pada sebagian orang, sakit kepala primer merupakan kondisi yang turun-temurun di keluarganya. Sakit kepala primer tidak ditemukan kelainan organ tubuh yang nyata, proses terjadinya juga masih dalam penelitian. Jeni sakit kepala yang termasuk sakit kepala primer adalah:

  • Sakit kepala tegang (tension headache)
    Sekitar 55-60 % kasus sakit kepala primer masuk golongan sakit kepala tegang. Sakit kepala ini ditandai dengan rasa sakit, rasa tegang, ketidaknyamanan dan rasa seperti diikat di kedua sisi kepala, dan sakitnya tidak berdenyut. Intensitas sakit kepala ini ringan sampai sedang, berkembang perlahan yang kemudian semakin lama semakin hebat dan dapat berlangsung beberapa jam sampai beberapa hari.
  • Sakit kepala klaster
    Sakit kepala klaster lebih sering dialami pria usia dewasa muda. Pemicunya adalah alkohol, stres dan makanan tertentu. Sakit kepala klaster ditandai dengan sakit kepala sebelah, sekitar mata dan pelipis. Sakit kelapa ini sifatnya terus menerus dan makin lama makin hebat. Gangguan sakit kepala ini bisa terjadi selama satu atau dua bulan dalam setahun. Gejala sakit kepala cluster biasanya tidak bisa diredakan dengan obat-obatan bebas,. Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih spesifik.
  • Sakit kepala migrain
    Orang yang mengalami migrain akan merasakan salah satu sisi atau kedua sisi kepala seakan-akan berdenyut. Sakit kepala ini bisa terus berulang dan membuat rutinitas keseharian terganggu.. Pemicu timbulnya migraine diantaranya stres, kurang tidur, menstruasi, alkohol dan pil KB. Migrain umumnya bisa diatasi dengan obat yang dijual bebas. Jika migrain sudah parah, Anda perlu ke dokter untuk mendapatkan obat resep yang lebih kuat dan mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Sakit kepala sekunder
Sakit kepala sekunder adalah sakit kepala yang disebabkan oleh penyebab lain. Oleh karena itu, waktu timbulnya sakit kepala berdekatan dengan penyebab yang diketahui. Kemungkinan penyebab sakit kepala golongan ini umumnya adalah kelainan mata (glaukoma), hidung (sinusitis), telinga, gigi, tekanan darah tinggi, cedera kepala, radang selaput kepala (meningitis) hingga tumor otak. Segera berkonsultasi dengan dokter jika Anda mengalami nyeri kepala yang sangat hebat, keluhan nyeri kepala tidak hilang dengan obat-obatan yang biasa diminum, dan nyeri terjadi pada daerah wajah atau di sekitar mata.

*pic janpieterpedia.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY