Makan Tidak Tepat Sebabkan Kelelahan

SehatFresh.com – Kelelahan bisa ditandai dengan perasaan kantuk dan lesu. Sebagian orang mengalami hal ini hanya sementara waktu, sementara lainnya mungkin telah mengalami ini untuk jangka waktu yang panjang. Kelelahan dapat disebabkan oleh beberapa alasan seperti stres, kurang tidur, gangguan medis, latihan intens atau bahkan akibat konsumsi makanan yang kurang tepat. Makanan pada dasarnya dapat meningkatkan tingkat energi, namun mekanismenya tidak selalu sama.

Makanan yang menyebabkan kantuk diantaranya permen dan karbohidrat tepung seperti cookies, kue, nasi putih dan roti putih. Makanan ini dapat menyebabkan kadar gula darah melonjak. Coba Anda perhatikan ketika makan donat. Setelah makan donat, Anda mungkin merasa kenyang dan berenergi, namun tidak lama setelah itu, Anda akan merasa lesu, lelah dan lapar lagi. Anda mungkin tergoda untuk makan donat lagi. Lonjakan energi memang akan terjadi setelahnya, namun tidak lama tingkat energi akan berada pada titik terendah.

Reaksi tubuh terhadap karbohidrat dapat dijelaskan oleh indeks glikemik. Semakin tinggi indeks glikemik suatu makanan, semakin banyak fluktuasi yang terjadi pada kadar gula darah setelah makanan tersebut dikonsumsi. Ketika kadar gula darah tinggi, hormon insulin dilepaskan dari pankreas untuk mencegah kenaikan gula darah secara tiba-tiba agar tetap pada tingkat yang dapat diterima tubuh. Fluktuasi kadar gula darah ini pada gilirannya hanya membuat tubuh menjadi mudah lelah.

Karena karbohidrat adalah suatu keharusan dalam setiap diet sehat, jenis karbohidrat yang dipilih berpengaruh besar dalam mengontrol kadar gula darah Anda. Dianjurkan untuk memilih biji-bijian bukan produk tepung putih dan kurangi konsumsi makanan manis. Pasta gandum, beras merah, oatmeal dan sereal gandum adalah pilihan yang lebih baik daripada pasta putih, nasi putih atau sereal sarapan dengan tambahan gula. Sederhanya, pilihlah makanan yang memiliki kandungan serat yang lebih tinggi karena proses cernanya lebih lambat sehingga memberi energi lebih lama.

Kendati demikian, ini tidak berarti bahwa Anda harus menyingkirkan semua makanan favorit untuk menghindari kelelahan. Jika Anda sangat suka makan manis, jangan dikonsumsi berlebihan. Waktu terbaik untuk makan makanan manis adalah setelah makan seimbang yang di dalamnya terdiri dari protein, lemak dan karbohidrat. Dengan keseimbangan makro nutrisi yang dicerna pada saat yang sama, kadar gula darah akan cenderung lebih stabil.

Sumber gambar : wartakesehatan.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY