Nyeri Panggul Pada Wanita

SehatFresh.com – Menurut American Congress of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), nyeri panggul adalah gejala umum yang akan dialami wanita setidaknya sekali selama hidup mereka. Bila wanita merasakan nyeri panggul berkepanjangan, ada indikasi penyakit nyeri panggul kronis. Nyeri panggul kronis dialami oleh wanita biasanya merupakan gejala penyakit tertentu. Bila Anda merasakan nyeri panggul yang semakin memburuk dan mengganggu aktivitas, carilah perawatan medis sesegera mungkin. Ada banyak penyebab nyeri panggul pada wanita, diantaranya :

  • Penyakit radang panggul

Penyakit radang panggul disebabkan oleh infeksi pada organ reproduksi wanita (rahim, ovarium dan tuba falopi). Infeksi ini biasanya disebabkan oleh penyakit menular seksual (gonore atau klamidia), tetapi juga dapat terjadi karena penyisipan alat kontrasepsi dalam rahim. Gejala dominan terkait dengan kondisi ini adalah nyeri panggul, perdarahan vagina abnormal atau demam. Jika tidak diobati, penyakit radang panggul dapat menurunkan peluang hamil bahkan kemandulan.

  • Kista ovarium

Kista ovarium adalah kantung abnormal berisi cairan yang berkembang pada ovarium. Biasanya, kista ovarium akan hilang dengan sendirinya selama siklus menstruasi bulanan normal. Pada beberapa wanita, kista ovarium dapat bertahan sehingga menyebabkan gejala nyeri panggul.

  • Kehamilan ektopik

Janin tumbuh di luar rahim (biasanya dalam tuba fallopi) disebut kehamilan ektopik. Kondisi yang mengancam jiwa ini dapat menyebabkan gejala nyeri panggul parah atau perdarahan vagina abnormal dan memerlukan perhatian medis segera.

  • Endometriosis

Endometriosis adalah suatu kondisi medis yang terjadi ketika jaringan yang melapisi rahim (endometrium) mulai tumbuh abnormal di luar rahim. Wanita dengan kondisi ini sering mengalami gejala nyeri panggul parah dan kram, yang paling menonjol selama periode menstruasi.

  • Sindrom iritasi usus (irritable bowel syndrome/ IBS)

Nyeri panggul persisten adalah salah satu gejala yang menandakan sindrom iritasi usus. Gejala lain yang menyertainya termasuk diare berulang, sembelit dan mual.

  • Interstitial Cystitis

Interstitial cystitis menyebabkan gejala nyeri dalam jaringan kandung kemih. Penyebab kondisi ini tidak diketahui dan saat ini belum ada obatnya. Wanita dengan interstitial cystitis sering mengalami frekuensi kencing atau urgensi serta nyeri panggul yang signifikan.

  • Diverticulitis

Diverticulitis adalah kondisi medis yang disebabkan oleh peradangan yang signifikan dalam divertikulum, kantung kecil dalam dinding usus besar. Gejala diverticulitis termasuk nyeri panggul, mual, muntah, diare atau sembelit.

  • Fibromyalgia

Fibromyalgia adalah kondisi kronis yang mempengaruhi jaringan ikat dalam tubuh, termasuk tendon dan otot. Jika Anda memiliki fibromyalgia, maka besar kemungkinan Anda mengalami nyeri panggul berulang. Gejala nyeri ini bisa menyebabkan kelelahan, sakit kepala, insomnia, kecemasan dan depresi.

Sumber gambar : www.areadewasa.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY