Makanan Penunjang untuk Maksimalkan Latihan Biseps dan Triseps

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Memiliki tangan yang kekar tidak hanya memerlukan latihan biseps dan triseps yang intens dan konsisten, tapi juga perlu ditunjang asupan makanan yang tepat. Makanan tersebut adalah makanan yang mendorong pertumbuhan otot. Jika asupan makanan Anda sembarangan, hasil yang didapat mungkin tidak maksimal. Berikut adalah beberapa daftar makanan yang dapat membantu pembentukan otot biseps dan triseps:

Daging sapi

Daging sapi menyumbang asupan protein berkualitas tinggi dan asam amino yang bekerja sama dengan insulin untuk meningkatkan pertumbuhan otot. Tak hanya itu, daging sapi juga memiliki kandungan vitamin dan mineral, seperti zat besi, zinc, vitamin B12, dan selenium. Semua nutrisi tersebut memegang peranan krusial dalam pembentukan otot. Karena tinggi lemak jenuh, pilihlah daging sapi tanpa lemak.

Daging ayam

Daging ayam juga merupakan makanan unggulan untuk pembentukan otot. Seperti daging sapi, ayam merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang sangat baik dikonsumsi oleh Anda yang sedang dalam program pembentukan otot biseps dan triseps. Agar lebih sehat, konsumsilah daging ayam tanpa kulitnya.

Telur

Protein dalam telur dianggap sebagai protein yang paling mudah digunakan dengan nilai biologis tertinggi dari makanan berprotein lainnya. Ini membuatnya menjadi sumber protein yang efisien untuk pembentukan otot.

Keju cottage

Keju cottage juga merupakan makanan unggulan untuk pembentukan otot. Keju jenis ini cukup popular di kalangan para atlet karena memiliki kandungan protein casein maupun whey. Selain itu, keju cottage juga diperkaya kalsium dan vitamin B12.

Ikan berlemak

Tak hanya protein, pembentukan otot juga memerlukan asupan lemak yang tepat. Lemak yang disarankan adalah lemak tak jenuh. Salah satu sumber terbaiknya adalah ikan berlemak, seperti salmon, tuna, trout, dan sarden. Jenis ikan ini merupakan sumber asam lemak omega-3. Asam lemak ini selain menjaga kesehatan jantung, juga mendukung proses pembentukan otot.

Minyak zaitun

Lemak tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun dapat bertindak sebagai anticatabolicnutrient. Dengan kata lain, minyak zaitun dapat membantu mencegah kerusakan otot dengan menurunkan kadar protein seluler jahat yang disebut tumor necrosis factor-a. Jenis protein seluler ini dikaitkan dengan pemborosan dan kelemahan otot.

Almond

Selain lemak tak jenuh tunggal, almond merupakan makanan yang kaya magnesium. Magnesium berperan dalam lebih dari 300 reaksi biokimia tubuh, termasuk metabolisme energi dan sintesis protein dalam proses pembentukan otot.

Quinoa

Daging biasanya adalah yang pertama disebut ketika membahas makanan yang menunjang pembentukan otot. Padahal, ada sumber protein nabati yang tak kalah istimewa, yakni quinoa yang kerap disebut the mother of all grains. Makanan ini merupakan salah satu sumber protein nabati terbaik yang dilengkapi nutrisi penting lainnya. Di dalamnya terkandung 9 asam amino esensial, serat, zat besi, dan magnesium.

Tiram

Tiram memiliki kandungan zinc yang tinggi. Sama halnya dengan magnesium, zinc merupakan mineral lainnya yang berperan penting dalam sintesa protein dalam proses pembentukan otot.

Susu cokelat

Susu cokelat secara alami mengandung protein casein dan whey. Selain itu, kandungan antioksidan dalam kakao dapat membantu mengurangi kerusakan otot akibat stres oksidatif yang terjadi setelah latihan intens. (RFZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here