Postur yang Baik saat Berjalan Kaki

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Jalan kaki merupakan aktivitas fisik yang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan, aktivitas yang mudah dilakukan di mana saja ini dianggap sebagai olahraga sederhana yang dapat melindungi Anda dari berbagai macam penyakit. Karenanya, cara berjalan dikaitkan dengan postur tubuh, bentuk kaki, hingga kesehatan seseorang. Tapi, sudahkah Anda tahu seperti apa postur yang baik saat berjalan kaki?

Tentunya Anda akan mendapat manfaat kesehatan yang lebih dari sekedar berjalan kaki biasa jika Anda dapat memposisikan postur yang baik saat berjalan kaki. Sayangnya, masih banyak orang yang menunjukkan postur dan cara berjalan kaki yang kurang baik. Misalnya, melangkahkan kaki terlalu lebar, menghentakkan bantalan kaki terlalu kuat, pandangan mata tidak lurus ke depan, hingga kaki terlalu terbuka ke samping. Baik tidaknya cara berjalan seseorang tidak serta merta bisa diukur dengan angka, seperti seberapa lebar kaki harus dilangkahkan. Pasalnya, postur tubuh setiap orang tidak selalu sama. Maka, memperbaiki cara berjalan ini adalah dengan memposisikan postur tubuh dengan baik. Caranya?

Saat berjalan, postur tubuh yang baik adalah tegak, tidak membungkuk dan punggung juga tidak terlalu tertarik ke belakang. Sementara posisi wajah dan pandangan lurus ke depan sambil menjaga bahu tetap rileks. Berjalan tegak dengan pandangan ke lurus depan ini dapat menjaga aliran oksigen ke paru-paru. Sedangkan, menjaga pandangan mata lurus pada objek sejauh 10 sampai 20 kaki di depan bukannya ke tanah dapat meminimalisir risiko nyeri pada bahu dan leher.

Postur tubuh yang baik saat berjalan juga bisa dilihat dari bagaimana Anda mempertahankan pusat gravitasi. Ini ditandai dengan minimnya ayunan kepala saat pusat gravitasi tubuh bergeser setiap kaki dilangkahkan. Ketika melangkah, tumit juga harus mendarat pada permukaan terlebih dahulu, baru kemudian jari kaki.

Tak hanya ketika jalan kaki biasa, cara berjalan ketika menaiki tangga juga perlu diperhatikan. Ketika menaiki anak tangga, bantalan telapak kaki menapak terlebih dahulu, sebelum Anda menurunkan tumit. Dengan cara seperti ini, tubuh tidak akan terlalu membebani lutut karena beban tubuh dikurangi oleh bantalan kaki dan ruas-ruas kaki.

Berjalanlah dengan santai dan kemudian perhatikan aspek-aspek di atas. Bila perlu, minta bantuan orang lain untuk menilai postur berjalan Anda. Jika postur berjalan sudah baik, tubuh Anda pun secara alami akan menjadi lebih sehat dan bugar. (RFZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here