Makanan Penurun Kolesterol

blogspot.com

SehatFresh.com – Kolestrol telah menjadi hal yang familiar di masyarakat, karena di Indonesia banyak orang yang memiliki tingat kolestrol tinggi. Kolestrol adalah senyawa kompleks yang dihasilkan tubuh. Sebenarnya kolestrol merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh, selama jumlahnya tidak melebihi batas wajar.

Ada dua jenis kolestrol, yakni LDL (low-density lipoprotein) dan HDL (high-density lipoprotein). LDL atau yang dikenal juga koestrol jahat, sementara HDL adalah kolesterol baik. Jika LDL dapat meningkatkan risiko sakit jantung, serangan jantung dan stroke, maka HDL mampu menekan risiko penyakit tersebut. Jika terlalu banyak kolesterol yang masuk ke dalam tubuh, kemungkinan akan menumpuk pada arteri, sehingga arteri mengeras dan mulai tersumbat. Kelebihan kolesterol dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke karena peradangan dan pembekuan darah.

Mengatur pola makan sangat berperan penting dalam menurunkan kolesterol tinggi. Kemampuan makanan dalam menekan kolesterol dalam tubuh berbeda-beda. Ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari, terutama bagi mereka yang memang kadar kolestrolnya tinggi. Makanan tersebut yaitu makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh tinggi, karena dapat mendorong peningkatan kolesterol dalam darah, misalnya daging berlemak, kulit ayam, kulit bebek, makanan bersantan, mentega, dan goreng-gorengan.

Berikut beberapa makanan apa saja yang bisa menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh :

  • Beras Merah memang dikenal mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Beras merah merah mengandung Vitamin B, selenium, fitonutrien, dan magnesium. Beras ini dapat menurunkan kadar kolestrol, karena kandungan serat yang terkandung di dalamnya cukup tinggi. Beras merah juga bisa membantu menurunkan kadar gula darah.
  • Bayam mengandung zat lutein yang beguna bagi kesehatan mata. Bayam juga berfungsi sebagai peindung kesehatan jantung dan melindungi jantung dari lemak yang ada di pembuluh darah. Bayam juga mampu merununkan kadar kolestrol dalam tubuh.
  • Ikan dengan Omega3 seperti ikan kembung, ikan sarden, ikan tuna ikan trout, makarel, dan ikan salmon mampu menurunkan kolestrol jahat dalam darah. Omega-3 juga baik untuk kesehata jantung dan menurunkan resiko terjadinya pembekuan darah.
  • Tomat biasanya digunakan untuk bumbu makanan, namun ternyata memiliki banyak manfaat. Tak hanya dapat merawat kulit dengan dijadikan masker, tapi tomat juga bisa menurunkan kolestrol jahat. Tomat adalah sumber likopen yang akan mengurangi kolestrol jahat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY