Makanan untuk Detoksifikasi Usus

0
137

Usus besar sangat rentan akan gangguan pencernaan yang disebabkan oleh makanan cepat saji atau makanan lainnya yang mengandung minyak terlalu banyak dan akan tersisa pada usus besar. Tetapi sebagian besar orang tidak memperdulikan akan bahaya yang akan dirasakannya nanti. Usus besar mempunyai berbagai fungsi yang berkaitan dengan proses akhir isi usus. Fungsi usus besar yang paling penting adalah untuk menyerap air dan elektrolit. Banyaknya bakteri yang terdapat di dalam usus besar berfungsi mencerna berbagai bahan dan membantu penyerapan zat-zat gizi dari makanan yang dikonsumsi. Bakteri di dalam usus besar juga berfungsi membuat zat-zat penting, seperti vitamin K. Bakteri ini penting untuk menjaga fungsi usus tetap berjalan normal.

Beberapa penyakit serta antibiotik bisa menyebabkan gangguan pada bakteri-bakteri di dalam usus besar. Akibatnya terjadi iritasi yang bisa menyebabkan timbulnya lendir dan air, yang akhirnya mengarah ke diare. Gangguan pada usus akan mempengaruhi kesehatan seseorang secara langsung. Usus difungsikan sebagai proses terjadinya penyerapan nutrisi sehingga jika usus terganggu, maka tubuh akan rentan terhadap berbagai penyakit.

Banyak sekali cara untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menumpuk pada usus besar diantaranya dengan mengkonsumsi makanan yang dapat membuang kotoran dan racun yang bersembunyi di usus besar. Berikut ini adalah makanan sehat yang bisa digunakan untuk membantu proses detoksifikasi atau pembersihan usus:

  1. Yoghurt

Bakteri baik yang terdapat dalam yoghurt di usus besar mampu menyerap zat mutagenik dari makanan, sehingga secara tidak langsung dapat membuang racun dalam usus. Konsumsi yoghurt secara teratur dapat membantu mencegah kanker usus. Yoghurt juga menghasilkan zat-zat yang diperlukan oleh hati yang berguna untuk pencegahan penyakit kanker. Selain itu, bakteri L. Bulgaricus pada yoghurt juga memiliki efek anti-tumor untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap tumor.

  1. Alpukat

Alpukat mengandung minyak omega-3 yang dapat membersihkan usus besar dan mengatasi gangguan pencernaan. Kotoran dan racun yang menumpuk pada usus dapat dibersihkan dengan minyak omega-3 yang terdapat pada buah alpukat.

  1. Apel

Apel kaya akan kandungan pektin yang berfungsi untuk membersihkan kotoran pada usus besar. Apel dapat mengikat bahan kimia dan logam berat dalam tubuh. Apel sangat mudah ditemukan sehingga apel sering sekali dijadikan buah utama yang difungsikan sebagai pembersih usus secara alami tanpa efek samping.

  1. Buah berry

Baik blueberry atau buah berry lainnya mengandung aspirin alami yang dapat mencegah kerusakan jaringan akibat peradangan kronis. Kelompok buah ini juga berfungsi sebagai antibiotik untuk melawan bakteri patogen di dalam saluran kemih.

  1. Lemon

Lemon digolongkan buah yang dapat membantu membersihkan tubuh secara alami tanpa efek samping. Lemon mengandung vitamin C yang tinggi sehingga dapat membantu membersihkan sistem metabolism tubuh dari bahan kimia berbahaya.

 *pic ayulibrary.waordpress.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY