Makanan yang Bisa Mengurangi Dismenorea (Nyeri Haid)

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setiap kali haid tiba, sebagian besar wanita akan mengalami nyeri haid, yaitu rasa nyeri yang muncul pada hari pertama hingga hari ketiga menstruasi di sekitar perut. Seringkali hal ini mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mengobati nyeri haid, obat anti nyeri yang dapat dibeli bebas dapat membantu. Selain itu, perubahan pola makan da olahraga teratur juga dapat mencegah terjadinya nyeri haid.

Untuk mencegah nyeri haid, ada beberapa makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi, dia antaranya yaitu :

  1. Makanan tinggi sodium dapat menyebabkan kembung pada perut eorang wanita yang sedang haid. Anda tidak harus seketika menghindari makanan-makanan asin seperti Nugget, ataupun sosis sama sekali. Tetapi jika Anda rentan mengalami kembung, cara pintar terbaik hindari dulu makanan-makanan ini.
  2. Asupan lemak jenuh. Daging merah mengandung lemak jenuh yang akan meningkatkan kadar estrogen yang membawa pada gejala PMS. Oleh karena itu hindari dulu mengkonsumi steak kesayangan Anda saat sedang haid,
  3. Jangan kurang konsumsi serat. Jika tubuh Anda kurang mengkonumi serat selama dan sebelum masa haid, maka Anda akan mengalami gangguan pencernaan saat haid.
  4. Jangan hindari sayur. Makan sayuran hijau adalah salah satu langkah yang sama sekali tidak boleh dihindari selama masa haid. Sayuran hijau merupakan sumber kalsium dan akan mengurangi kejang otot yang menyebabkan nyeri. Kangkung dan bayam bisa dijadikan pilihan untuk mencegah perdarahan berlebih karena memberikan tubuh Anda dosis vitamin K.
  5. Jus nanas. Kram menstruasi disebabkan oleh kontraksi rahim yang membantu melepaskan lapisan dinding rahim dari tubuh. Nanas sangat baik untuk dimakan atau diminum sebagai jus saat PMS, dalam satu gelas jus nanas terdapat kandungan Bromelain. Kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk mengendurkan otot-otot yang kram.
  6. Brokoli, merupakan anti kanker dengan anti oksidan yang tinggi. Selain itu, brokoli mengandung serat yang tinggi vitamin A, vitamin C, Vitamin B6, Potassium, Magnesium bisa membantu mengurangi rasa nyeri PMS. Selain itu, kandungan serat dan air pada brokoli mampu mengusir rasa kembung dan ketidaknyaman perut menjelang menstruasi
  7. Pisang. Biasanya pisang dianjurkan untuk meringankan kram otot setelah berolahraga. Dengan logika yang sama, pisang juga bisa membantu menenangkan nyeri otot tertentu selama menstruasi. Banyaknya kandungan potasium dan magnesium dalam buah pisang bisa mengurangi nyeri PMS. Kandungan potasium pada pisang dapat menurunkan kadar hormon estrogen dalam tubuh. Oleh karena itu disarankan untuk makan pisang yang kaya dengan melatonin sebelum tidur yang bisa mengatur ritme alami tubuh.
  8. Ikan Salmon. Salmon merupakan ikan yang mempunyai lemak baik. Berdasarkan penelitian konsumsi minyak ikan 6 gram perhari dapat mengurangi rasa nyeri pada saat PMS. Lemak ikan seperti pada ikan salmon kaya omega-3 dan vitamin D yang mengurangi nyeri menstruasi. Selain itu, dua nutrisi ini membantu menenangkan rasa kram dan keluhan kembung. Bahkan menurut penelitian Harvard dan McLean Hospital, Omega-3 mampu berperan seperti antidepresi.
  9. Telur. Cukup satu butir satu hari, karena kalau kebanyakan bisa menyebabkan kolesterol. Telur bagus sekali karena mengandung vitamin D juga KalsiumĀ  yang dapat membuat rileks otot di rahim dan area kewanitaan.
  10. Susu atau yoghurt. Susu atau yoghurt juga sangat penting bagi wanita yang ingin menghilangkan nyeri haid. Sebuah penelitian menunjukkan, wanita yang mengonsumsi 1.200 miligram kalsium per hari, akan merasakan nyeri haid mereka berkurang 30%. Ini dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi hanya 500 miligram kalsium.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY