Mana yang Lebih Baik Menurut Kesehatan dari Board Game atau Vidio Game

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Board game saat ini reputasinya kembali eksis lagi. Pada zaman milenial orangtua muda sangat antusias mengenalkan sebuah permainan board game kepada anak-anaknya. Akan tetapi disisi lain dengan perkembangan zaman ada pula vidio game yang menjadi keseharian bagi mereka. Lalu diantara kedua permainan tersebut makankah yang lebih baik menurut kesehatan? Sebelum kita menyimpulkan mana yang lebih baik dari keduanya. Kita bahas sedikit dulu mengenai vidio game dan board game.

Video Game

Video game memiliki dampak positif bagi anak diantaranya yaitu anak dapat mengikuti instruksi, menyelesaikan masalah, meningkatkan koordinasi mata dan tangan, keterampilan motorik halus, mengenal pola, dapat memecahkan masalah, berfikir cepat sehingga dapat menangani beberapa tugas dalam 1 waktu, menyusun rencana dan sumber daya serta menyusun strategi. Selain itu video game juga berfungsi untuk melatih koordinasi sensorik dan motorik agar anak lebih cepat tanggap. Hal ini dibuktikan oleh para ilmuan Universitas Toronto di Kanada yang menjelaskan hasil penelitian tersebut bahwa seseorang yang secara teratr bermain video game cenderung lebih cepat dalam menemukan target benda daripada mereka yang tidak terbiasa bermain video game.

Board Game

Manfaat dari permainan board game yaitu menurunkan resiko terjadinya penurunan kognitif, sistem aturan klasik dalam board game akan membuat penggunanya pandai mendeteksi pola permainan, anak akan lebih cerdas, board game dilakukan oleh dua orang atau lebih hal ini jika dilakukan bersama keluarga akan meningkatkan kebahagiaan keluarga, anak akan cenderung pandai dalam memecahkan masalah, dan menyegarkan fikiran. Selain itu board game dapat meningkatkan edofrin yang berguna menstabilakn tekanan darah, otot dan sirkulasi darah menjadi lebih rileks, menghilangkan stress, rasa gembira bermain board game dapat mengurangi penyakit jantung, stroke, dan kerusakan arteri. Board game juga berfungsi untuk salah satu terapi bagi mereka yang mengalami kecelakaan karena karena keterapilan motorik yang dilakukan secara rutin dapat dijadikan terapi bagi para disabilitas dan board game berperan penting bagi kesehatan dan perkembangan anak.

Kesimpulan

Setelah mengetahui beberapa manfaat dari video game dan board game maka dapat disimpulan menurut kesehatan board game lebih baik dibandingkan dengan video game. Board game lebih memiliki manfaat yang lebih banyak kaitannya dengan kesehatan dibandingkan dengan video game. Selain itu yang menjadi alasan board game lebih baik dibandingkan dengan video game dikarenakan oleh beberapa alasan yang dibuktikan oleh sebuah penelitian, diantaranya:

  1. Vidio game memiliki perubahan signifikan yang berpengaruh pada otak anak saat bermain video game. Terutama video game kekerasan.
  2. Prilaku agresif yang meningkat terkait dengan adegan dalam video game.
  3. Video game mengandung beberapa unsur kekerasan.
  4. Video game dapat mempengaruhi kesehatan anak, contohnya anak mengalami obesitas, kelainan postur tubuh, sindrom carpal tunnel dan peradangan ikat diarea bahu atau tumit.
  5. Anak menjadi kecanduan.

Nutrifood dalam akhir workshopnya membagikan beberapa copi board game karena nutrifood percaya bahwa bermain dapat menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Selain itu hal ini dilakukan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat pentingnya hidup sehat. Board game juga dijadikan sebagai media belajar mahasiswa kedokteran militer yang dilakukan di Uniformed Services University, Amerika. Tujuan dari hal tersebut yaitu untuk memberikan gambaran suasana perang yang dihadapi saat mereka resmi terjun ke lapangan. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here