Manfaat Albumin yang Terdapat pada Ikan Gabus

0
6
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pembaca setia, apakah Anda pernah atau suka makan ikan gabus? Tahukah Anda bahwa di dalam ikan gabus mengandung albumin. Lalu apa sebenarnya manfaat dari ikan gabus ini?

Ikan Gabus Itu Ikan yang Seperti Apa?

Ikan gabus seringkali disebut sebagai ikan kutuk atau ikan bogo. Bahkan ikan ini memiliki bentuk seperti ular, maka tak heran banyak orang luar negeri menyebutnya sebagai snake fish. Ikan gabus ini banyak ditemukan diperairan danau atau rawa-rawa dengan kandungan air tawar.

Ikan gabus baik untuk penyembuhan anak yang baru saja khitan atau ibu yang habis melahirkan, pasalnya dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Baik itu luka jatuh, luka operasi, luka bakar, maupun luka lainnya.

Di dalam tubuh ikan gabus ternyata mengandung 90% protein, ini merupakan kadar yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan telur, ikan, dan daging lainnya. Bahkan ikan gabus sangat mudah dicerna oleh tubuh. Khususnya bagi siapa saja penderita kekurangan albumin.

Apa manfaat albumin dalam ikan gabus?

  1. Albumin merupakan jenis protein yang sekitar 60% dari total plasma protein dalam darah manusia. Kadar albumin dalam ikan gabus mencapai 62,24 g/kg dibandingkan telur yang hanya 9,34 g/kg.
  2. Albumin sangat penting bagi pembentukan dan perbaikan jaringan sel dalam tubuh manusia.
  3. Mempercepat penyembuhan jaringan sel yang terbelah setelah luka pembedahan dan luka operasi.
  4. Anti oedema atau pembengkakan akibat kekurangan albumin dalam tubuh. Oedema biasnya dialami oleh orang yang mengalami gagal ginjal, stroke, TBC, diabetes mellitus, dan kanker sirosis.
  5. Berguna memperbaiki sel yang sudah mati.
  6. Membantu menyembuhkan akibat luka diabetes mellitus, luka bakar, jaringan kulit mati, organ tubuh yang luka seperti magh pada lambung.
  7. Membantu memperbaiki organ yang rusak akibat aus.
  8. Membantu menyembuhkan penyakit seperti Hepatitis, dan Nephrotic.
  9. Sebagai kandungan yang berfungsi sebagai penyembuh Syndrome,Tonsilitis, Thypus, Diabetes, Patah Tulang, Gastritis, ITP, HIV, Sepsis, dan Thalasemia Minor.
  10. Dianjurkan untuk memperbaiki gizi buruk pada bayi, anak dan ibu hamil.
  1. Membantu penyembuhan penyakit autis.
  2. Mempercepat proses penyembuhan setelah dilakukan operasi.
  3. Mempercepat penyembuhan luar maupun dalam
  4. Berfungsi sebagai larutan pengganti pada keadaan defisiensi albumin consolidating.

Adakah Dampak Buruk Mengkonsumsi Ikan Gabus?

Menurut para ahli, tidak ada dampak yang dihasilkan ketika manusia banyak mengkonsumsi ikan gabus. Apabila pasokan albumin rendah dalam tubuh manusia maka tubuh akan menyimpannya sebagai masa otot, sehingga orang sehat pun tetap bisa mengkonsumsi ikan gabus sebagai suplemen. Kadar albumin dalam darah sangat bermanfaat bagi cadangan protein dalam tubuh. Sehingga mengkonsumsi ikan gabus sangat baik untuk menjaga ketersediaan albumin dalam darah.

Demikian informasi mengenai manfaat albumin dalam ikan gabus, semoga bermanfaat bagi Pembaca. (MLS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY