Manfaat Buah Kiwi Bagi Ibu Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Saat hamil anda akan membutuhkan nutrisi lebih banyak dan juga didalam perut anda ada janin yang sedang dalam masa pembentukan secara fisik dan emosional. Seorang ibu yang sedang hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah kiwi. Buah kiwi merupakan salah satu buah yang memiliki berjuta khasiat yang baik untuk tubuh. Buah kiwi memiliki rasa yang unik sehingga banyak disukai oleh kalangan masyarakat. Tahukah anda manfaat dari buah kiwi apabila dikonsumsi oleh ibu hamil? Berikut informasinya.

  1. Mencegah anemia pada ibu hamil

Kiwi berperan penting dalam penyerapan zat besi yang bisa mengurangi resiko terjadinya anemia. Di Indonesia kasus anemia pada ibu hamil tergolong tinggi, oleh karena itu dokter biasanya meresepkan tambahan zat besi untuk mencegah anemia. Anda dapat mengkonsumsi makanan kaya zat besi lainnya seperti kiwi.

  1. Melancarkan pencernaan

Di dalam buah kiwi juga mengandung banyak serat berarti dapat digunakan bagi para ibu hamil yang mengalami masalah pencernaan. Masalah pencernaan juga kerap kali melanda para ibu hamil dan hal ini tidak bagus untuk perkembangan janin yang ada di dalam perut. Anda bisa mengolah buah kiwi menjadi jus atau olahan lainnya yang bisa membuat pencernaan anda menjadi lebih sehat.

  1. Melindungi DNA

Manfaat kiwi bagi ibu hamil yang pertama adalah dapat melindungi DNA. Di dalam buah kiwi terdapat salah satu kandungan yaitu antioksidan. Kandungan antioksidan ini sangat bagus untuk kesehatan ibu hamil terutama dalam melindungi DNA bayi. Bahkan pada beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah kiwi juga bisa mencegah timbulnya sel kanker.

  1. Sumber asam folat terbaik

Asam folat juga dikenal sebagai vitamin B9 dan merupakan anggota dari keluarga penting dari vitamin B kompleks. Nutrisi ini sangat penting terutama selama kehamilan karena berperan penting dalam pengembangan otak  dan sistem saraf pusat pada janin. Ibu hamil yang kekurangan asam folat meningkatkan risiko cacat bawaan pada bayi. Kandungan folat untuk satu porsi buah kiwi sudah mencukupi sekitar 10% kebutuhan asam folat harian anda. Asam folat juga membantu tubuh Anda memproduksi sel darah merah, yang sangat enting untuk produksi energi tentunya sangat perlu saat ibu sedang hamil.

  1. Mencegah diabetes selama kehamilan

Warna buah kiwi yang hijau dan tebal merupakan hal unik dari karakteristik buah tropis lainnya. Buah ini dapat membantu menurunkan berat badan dan menolong tercapainya tubuh yang sehat.

  1. Membantu mengatasi rasa mual

Rasa mual pada masa awal kehamilan merupakan hal yang wajar dialami oleh para ibu hamil karena adanya perubahan hormon di dalam tubuh ibu hamil dan cara tubuh untuk menyesuaikan perubahan tersebut adalah dengan mual ini. Di dalam buah kiwi terdapat vitamin B yang dapat membantu menghilangkan rasa mual sehingga para ibu hamil bisa menjadi lebih mudah dalam menyerap makanan dan minuman.

  1. Mencegah darah tinggi

Ibu hamil kerap sekali mengalami gangguan kehamilan darah tinggi atau yang lebih dikenal dengan nama hipertensi akibat perubahan hormonal. Salah satu mengatasinya dengan mengkonsumsi buah kiwi yang banyak mengandung kalium. Mineral kalium yang dikandung buah kiwi dapat membantu mengurangi gejala penggumpalan darah.

  1. Mengatasi sembelit

Buah kiwi yaitu buah yang kaya akan serat yang dapat menjadi alternative untuk mengatasi sembelit atau konstipasi. Ibu hamil juga kerap mengalami sembelit yang sangat mengganggu aktifitas. (KKM).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here