8 Manfaat Sehat dari Buah Stroberi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Strawberry atau stroberi termasuk buah yang jarang kita temui. Habitatnya yang tidak bisa hidup disembarang tempat menjadikan buah ini menjadi salah satu buah mewah. Bentuknya sangat cantik, warna yang merah merona membuatnya semakin menarik.

Strawberry biasanya dijadikan sebagai jus, bahan kue, atau dikonsumsi secara langsung. Jika sudah diolah, buah strawberry bisa menjadi rasa yang dominan pada makanan atau minuman tersebut. Dibalik rasanya yang asam manis, ternyata kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah strawberry sangat tinggi. Berikut ini beberapa mafaat buah straberi yang baik untuk kesehatan tubuh, diantaranya sebagai berikut :

  1. Menjaga kesehatan mata

Hampir seluruh gangguan kesehatan mata disebabkan oleh radikal bebas dan kekurangan nutrisi tertentu. Buah stroberi mengandung antioksidan seperti vitamin C dan flavonoid dapat mengatasi perkembangan yang berhubungan dengan penyakit mata.

  1. Anti peradangan (inflamasi)

Stroberi memiliki kandungan senyawa kimia fenol yang berfungsi sebagai anti inflamasi seperti penyakit osteoarthritis dan asma yang bekerja sebagai penghambat enzym Cyclooxygenase (COX). Selain itu berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh University of Massachusetts mengatakan bahwa mengandung quercetin, apabila anda konsumsi buah ini diimbangi dengan melakukan aktivitas olahraga maka dapat mengurangi pembentukan plak aterosklerosis.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Buah stroberi memiliki kandungan antioksidan dan polifenol yang baik untuk kesehatan jantung. Kandungan antyocyanin yang terdapat di dalam buah starberi berfungsi untuk melindungi lapisan sistem peredaran darah sehingga tidak terjadi penumpukan plak di dalam arteri dan tekanan darah dapat terkontrol.

  1. Menjaga fungsi otak

Kandungan antioksidan seperti fitokimia dan vitamin C yang terkandung di dalam buah stroberi di anggap mampu menjaga dan meningkatkan fungsi otak. Selain itu kandungan yodium yang terdapat di dalam buah straberi juga dapat membantu menjaga kesehatan otak dan sistem syaraf.

  1. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Vitamin C selain baik bagi kesehatan kulit juga di anggap baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Memiliki daya tahan tubuh yang baik maka tubuh anda dapat terhindar dari berbagai jenis penyakit. Buah stroberi kaya akan kandungan vitamin C sehingga buah ini dapat dijadikan salah satu upaya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh

  1. Membantu mencegah kanker

Kedua kandungan yang terdapat di dalam buah stroberi yaitu vitamin C dan serat di anggap dapat mencegah dari penyakit kanker kerongkongan dan usus. Menurut hasil penelitian yang dilakukan American Institute for Cancer Research menyatakan bahwa buah stroberi bersifat anti kanker yang berkaitan dengan adanya asam ellagic yang di anggap dapat melindungi tubuh dari penyakit kanker kulit, kanker paru-paru, kanker kandung kemih dan kanker payudara.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Buah stroberi dapat menjaga kesehatan tulang karena di dalam buah tersebut memiliki kandungan mangan, vitamin K, kalium dan magnesium, sehingga buah ini dapat membantu membangung serta menjadikan struktur tulang menjadi lebih baik.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan antioksidan utama yaitu anthocyanin berfungsi untuk meningkatkan produksi hormon adiponectin di dalam tubuh. Hormon ini dapat menekan nafsu makan dan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga buah ini cocok digunakan sebagai bahan cemilan bagi yang sedang menjalankan diet karena buah ini banyak mengandung air dan serat.

Selain 8 manfaat kesehatan, buah stroberi memiliki manfaat lain yaitu memperbaiki suasana hati dan mencegah terjadinya depresi, mempertajam daya ingat dan kesehatan mental, mencegah penyakit stroke, hipertensim kolesterol, asma, sembelit dan mencegah alergi. Banyak manfaat yang akan anda dapatkan dari buah yang berasa asam manis tersebut. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here